img
img

Dinas Peternakan

Provinsi Kalimantan Timur

Berita

Kabupaten Berau Siap Mengasuransikan 500 Ekor Sapi

Berau. Sebagai wujud keberpihakan pemerintah dalam upaya melindungi peternak dari resiko kematian dan kehilangan sapi, maka Kementerian Pertanian pada tahun 2017 mengimplementasikan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). AUTS diharapkan dapat memberikan perlindungan kepada peternak jika terjadi sapi mati akibat penyakit, beranak, kecelakaan dan/atau kehilangan dengan mengalihkan kerugian kepada pihak lain melalui pertanggungan asuransi, serta mampu memberikan pendidikan kepada peternak dalam mengelola

Rapat Hormonisasi Persyaratan Teknis Kesehatan Hewan Terkait Penyakit Anthrax

Pada tanggal 9 Agustus 2017 telah dilaksanakan rapat harmonisasi persyaratan teknis kesehatan hewan terkait penyakit anthrax di Ruang Rapat Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Rapat tersebut merupakan sarana komunikasi bagi pengambil kebijakan tingkat pusat dan daerah untuk merumuskan solusi dalam menangani masalah lalu lintas hewan/ternak terkait penyakit anthrax.

DPKH Siap Memeriahkan KALTIM EXPO 2017

Samarinda. Kaltim Expo, ajang pameran tahunan yang digelar Pemprov Kaltim rencananya akan digelar mulai tanggal 21 Agustus hingga 27 Agustus 2017 yang bertempat di Samarinda Convention Hall Sempaja. Untuk memeriahkan acara tersebut Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur akan ikut berpatisipasi untuk meramaikan hajatan tahunan di Kaltim.

NTPT Bulan Juli Naik 1,15%

Samarinda. Nilai Tukar Petani Peternakan (NTPT) untuk wilayah Kaltim mengalami kenaikan, yaitu dari 102,89 di bulan Juni 2017 menjadi 104,08 di bulan Juli 2017 atau naik sebesar 1,15 persen dari bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena indeks harga yang diterima oleh petani  mengalami kenaikan sebesar 1,24 persen sedangkan indeks yang dibayar oleh petani hanya mengalami peningkatan sebesar 0,09 persen.

Kaltim Bantu Pagar Listrik Untuk Peternak Lahan Tambang

Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur memberikan bantuan "animal electric fencing" atau pagar listrik ternak kepada para peternak, khususnya mereka yang memelihara ternaknya di lahan bekas tambang batu bara di daerah setempat.

Gubernur Kaltim Ajak Perusahaan Dukung Pengembangan Peternakan

Samarinda  (ANTARA Kaltim)- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur mengajak perusahaan setempat mendukung pengembangan peternakan dalam upaya mencapai pemenuhan kebutuhan daging sekaligus mewujudkan swasembada daging.

Hentikan Pemotongan Ruminansia Betina Produktif

Samarinda. Guna mencapai swasembada daging, pemerintah harus terus memacu populasi melalui pertumbuhan dan pertambahan ternak sapi. Telah ditetapkan program pengendalian (penghentian) pemotongan terhadap ternak ruminansia (sapid an kerbau) betina produktif. Mendukung program tersebut, polri mengoptimalkan kinerja bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (babinkamtibnas) dan sabhara di tingkat desa dan kelurahan.

NTPT Bulan Mei Mengalami Penurunan

Samarinda. Nilai Tukar Petani Peternakan (NTPT) untuk wilayah Kaltim kembali mengalami penurunan, yaitu dari 103,02 di bulan April 2017 menjadi 101,31 di bulan Mei 2017 atau turun sebesar 1,65 persen dari bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena indeks harga yang diterima oleh petani  mengalami penurunan sebesar 1,34 persen sedangkan indeks yang dibayar oleh petani mengalami peningkatan sebesar 0,32 persen.

Dompet Dhuafa Launching Kampung Ternak

Samarinda. Kemiskinan dan pengangguran kerap menjadi isu yang mencuat di Kalimantan Timur. Melemahnya kondisi ekonomi Kaltim berdampak pada rendahnya kesempatan kerja yang tersedia. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan alasan efisiensi tak bias terelakkan. Sedikit banyak hal ini berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengangguran. Atas dasar itulah, Dompet Dhuafa berikhtiar menjalankan beberapa program berbasis pemberdayaan ekonomi salah satunya Kampung Ternak Dompet Dhuafa Kaltim.

Sosialisasi Pengendalian Pemotongan Ruminansia Betina Produktif SE - KALTIM Tahun 2017

SAMARINDA. Guna mendukung program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48 tahun 2016 tentang upaya khusus percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting di gulirkan. Program ini menjadi bagian penting dari upaya pemerintah Kalimantan Timur melakukan percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau.

Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur | Flashnews >>> Disnak Kaltim Raih Juara 3 Lomba Website Tingkat Nasional Tahun 2015 -- Gubernur: Swasta Harus Dukung 2 Juta Sapi -- Kaltim Terima 10.000 Sapi Indukan Brahman Cross | Sapi Potong (BH) Rp. 45.000,- / Kg/BH Update: 23 Agustus 2017 Tempat: RPH Samarinda | Broiler Hidup (1 kg) Rp. 20.000,- / Kg/BH Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Peternak | Telur Itik Rp. 2.500,- / Butir Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Kambing (BBH) Rp. 50.000,- / Kg/BH Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pedagang | Ayam Buras (1,5 kg) Rp. 107.500,- / Ekor Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Daging Sapi Murni Rp. 125.000,- / Kg Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Telur Ayam Ras Rp. 1.500,- / Butir Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Telur Ayam Kampung Rp. 2.000,- / Butir Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Itik Rp. 65.000,- / Ekor Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar | Daging Kambing Rp. 140.000,- / Kg Update: 23 Agustus 2017 Tempat: Pasar