img

Dinas Peternakan

Provinsi Kalimantan Timur

img

Berita

KT Damar Wulan, Kluster Sapi Binaan BI

Samarinda. Ketua kelompok kluster sapi BI Damar Wulan, Gunanto mengatakan, karena binaan dari BI semua yang berasal dari sapi bisa menjadi penghasilan. Tak hanya daging, feses dan urin sapi juga menjadi uang. “Untuk feses kami sudah punya kemasan yang diberi nama BI Go Green. Kotoran sapi tersebut dikemas 5 kilogram dan 10 kilogram untuk satu bungkus”, ujarnya.

Jaga Inflasi Lewat kluster Sapi

Samarinda. Pemerintah dan Bank Indonesia terus berinovasi dalam menjaga inflasi di Kaltim. Salah satunya dengan menyediakan kebutuhan daging sapi yang masih mengandalkan pasokan dari luar daerah.

Pengembangan Sapi Terus Didorong

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kaltim terus mendorong perusahaan tambang dan perkebunan di Bumi Etam untuk mau memanfaatkan lahan eks tambang dan perkebunan mereka sebagai tempat pengembangan sapi. Tentu supaya Kaltim bisa swasembada sapi. Diketahui, saat ini 70 persen kebutuhan daging sapi masih impor dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pantik Geliat Ternak Sapi

Pengembangan integrasi sapi sawit garapan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim mulai dilirik perusahaan kelapa sawit di Bumi Etam. Salah satunya Grup Astra International. Rencananya, mereka mengembangkan penggemukan 2.000 ekor di Penajam Paser Utara (PPU). Hewan mamalia tersebut didatangkan dari Australia pada November mendatang.

NTP Subsektor Peternakan Stabil Naik

Samarinda. Pada bulan Agustus 2018, NTPT sedikit mengalami peningkatan sebesar 0,05 persen. Hal ini disebabkan walaupun Indeks Harga yang Diterima Petani cenderung stabil tetapi indeks Harga yang Dibayar Petani menurun sebesar 0,05 persen.

Pemprov Bantu Poktan 130 Ekor Sapi

Samarinda. Tahun ini melalui APBD Kaltim telah mengalokasikan bantuan sapi sebanyak 130 ekor senilai Rp 2 Milyar kepada Kelompok Tani peternak. Bantuan sapi tersebut diberikan Dinas Peternakan dan Keswan Kaltim kepada delapan kelompok dari dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kutai Timur (108 ekor) sebanyak enam kelompok dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 2 kelompok (22 ekor).

IB Penajam Paser Utara Capai 100%

Penajam (Antaranews Kaltim) - Program percepatan kebuntingan sapi betina melalui IB atau inseminasi buatan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah terealisasi 100 persen pada Juli 2018, sehingga diyakini lima bulan ke depan dapat melampaui target yang diberikan pemerintah pusat.

Kebutuhan Sapi Kurban di Kaltim Dipasok dari Beberapa Daerah

SAMARINDA - Sekitar 72,56 persen sapi yang didatangkan di musim Hari Raya Kurban, ke Kaltim berasal dari luar daerah. Berdasarkan data Dinas Peternakan Kaltim, total sapi yang disiapkan di musim Lebaran Haji kali ini sebanyak 11.900 ekor.

Masyarakat Disarankan Beli Sapi di Pasar Ternak

TANA PASER - Di Kabupaten Paser terdapat Pasar Ternak yang berjarak 18 kilometer dari Kota Tana Paser. Pasar Ternak satu-satunya milik Pemerintah Kabupaten Paser yang dibangun pada 2015. Namun, setahun terakhir memang seperti mati suri. Penyebabnya, peternak yang menjual sapi di pasar tersebut sulit mencari sapi induk maupun anakannya.

Dukungan KEIN Menuju Swasembada Daging Sapi di Kaltim

Samarinda. Menyadari belum mampu berdiri sendiri dalam memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi di Bumi Etam, Dinas Peternakan Kaltim terus berupaya maksimal menggenjot pertumbuhan sapi lokal. Salh satunya dengan memanfaatkan lahan eks tambang dan kebun sawit.

Info Harga Peternakan >> | Daging Babi (Has) Rp. 100.000,- / Kg Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Sapi Potong (BH) Rp. 45.000,- / Kg/BH Update: 02 Oktober 2018 Tempat: RPH Samarinda | Broiler Hidup (1 kg) Rp. 26.000,- / Kg/BH Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Peternak | Telur Itik Rp. 3.000,- / Butir Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Kambing (BH) Rp. 80.000,- / Kg/BH Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pedagang | Ayam Buras Rp. 110.000,- / Ekor Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Daging Sapi Murni Rp. 125.000,- / Kg Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Telur Ayam Ras Rp. 1.500,- / Butir Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Telur Ayam Kampung Rp. 2.000,- / Butir Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar | Itik Rp. 65.000,- / Ekor Update: 02 Oktober 2018 Tempat: Pasar