img
img

Dinas Peternakan

Provinsi Kalimantan Timur

Berita

HIMPULI Kaltim Didorong Cetak Bibit Ayam Lokal

Samarinda (ANTARA Kaltim) - Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia atau Himpuli Provinsi Kalimantan Timur didorong giat berinovasi dalam usaha mengembangkan budidaya ayam lokal, sekaligus mencetak bibitnya agar tidak selalu bergantung dari Pulau Jawa.

Pertumbuhan Ayam Ternak Kaltim Stagnan

Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pertumbuhan peternakan ayam lokal (ayam kampung) di Provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini tidak mengalami perkembangan alias stagnan, sehingga perlu komitmen pelaku usaha, pemerintah, dan pihak terkait untuk mempercepat pertumbuhannya.

Konsumsi Daging Kaltim Didominasi Ayam Broiler

Samarinda (Antara Kaltim). Tingkat konsumsi daging oleh warga di Provinsi Kalimantan Timur didominasi dari peternakan unggas berupa ayam broiler yang mencapai 75,8 persen, kemudian ayam buras 6,6 persen dan sisanya berasal dari daging sapi dan lainnya.

Daya Dukung Pakan di Pulau Kalimantan

Dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan peternakan menjadi pertimbangan dalam menentukan sentra peternakan. Dukungan pemerintah daerah antara lain berupa masterplan/renaksi peternakan. Hal ini menunjukkan pemerintah daerah tersebut serius dalam pengelolaan peternakan. Sentra pengembangan peternakan sapi potong nasional menjadi dasar dalam delineasi Peta Potensi Pengembangan Kawasan Peternakan Sapi Potong Nasional. Konsep dasar dalam penyusunan Peta Potensi Pengembangan Kawasan Peternakan

NTPT Peternakan Mengalami Penurunan

Nilai Tukar Petani Peternakan (NTPT) untuk bulan September wilayah Kaltim kembali mengalami penurunan, yaitu dari 104,56 di bulan Agustus 2017 menjadi 104,45 di bulan September 2017 atau turun sebesar 0,1 persen dari bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena indeks harga yang diterima oleh petani  mengalami penurunan sebesar 0,17 persen dan indeks yang dibayar oleh petani mengalami penurunan sebesar 0,06 persen dari bulan sebelumnya.

Perguliran Ternak di PPU Terapkan Model Indukan Bunting

Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sistem perguliran ternak sapi dari hasil bantuan pemerintah yang diterapkan oleh kelompok ternak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menerapkan model setor indukan bunting minimal enam bulan.

Gubernur Harap Perusahaan Wujudkan Dua Juta Ekor Sapi

Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak berharap perusahaan perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara membantu program dua juta ekor sapi yang telah dicanangkan sejak 2013.

Kementan Menerbitkan Atlas Peta Potensi Kawasan Peternakan

Kementerian Pertanian menerbitkan Atlas Potensi Pengembangan Kawasan Peternakan Sapi Potong untuk Provinsi Kalimantan Timur. Penerbitan Atlas ini guna menunjang Rencana strategis Kementerian Pertanian 2015-2019 yang menyatakan bahwa salah satu tantangan pembangunan pertanian ke depan adalah bagaimana memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan bahan baku industri dan energi di tengah dinamika kondisi perekonomian global dan perubahan iklim yang mungkin akan memengaruhi upaya-upaya pembangunan pertanian

Upsus Siwab Kaltim Targetkan Dua Juta Sapi

Samarinda (ANTARA Kaltim) - Program Upaya Khusus Sapi dan Kerbau Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang digagas pemerintah pusat kini dijalankan di Provinsi Kalimantan Timur untuk meningkatkan populasi sapi hingga dua juta ekor pada 2018.

Inseminasi Buatan di Penajam Targetkan 2.419 Sapi

Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Program inseminasi buatan atau kawin suntik pada sapi betina indukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga akhir 2017 ditargetkan sebanyak 2.419 ekor guna mempercepat kelahiran dan meningkatkan populasi sapi.

Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur | Flashnews >>> Disnak Kaltim Raih Juara 3 Lomba Website Tingkat Nasional Tahun 2015 -- Gubernur: Swasta Harus Dukung 2 Juta Sapi -- Kaltim Terima 10.000 Sapi Indukan Brahman Cross | Sapi Potong (BH) Rp. 45.000,- / Kg/BH Update: 16 Januari 2018 Tempat: RPH Samarinda | Broiler Hidup (1 kg) Rp. 24.500,- / Kg/BH Update: 16 Januari 2018 Tempat: Peternak | Telur Itik Rp. 2.500,- / Butir Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Kambing (BBH) Rp. 50.000,- / Kg/BH Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pedagang | Ayam Buras (1,5 kg) Rp. 112.500,- / Ekor Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Daging Sapi Murni Rp. 125.000,- / Kg Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Telur Ayam Ras Rp. 1.500,- / Butir Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Telur Ayam Kampung Rp. 2.000,- / Butir Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Itik Rp. 65.000,- / Ekor Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar | Daging Kambing Rp. 140.000,- / Kg Update: 16 Januari 2018 Tempat: Pasar