Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Dinas Peternakan Beri Vaksin Rabies Gratis
05 April 2018 Admin Website Berita 231
“Untuk ulang tahun Kaltim ke 61, tahun ini kami lakukan beberapa kegiatan. Pertama, vaksinasi rabies terhadap musang, kucing, anjing, hingga kera. Ini sudah digelar sejak Rabu dan akan berakhir pada Jumat ini. Itu dilakukan tepat di Kantor Dinas Peternakan Kaltim selama jam kerj,” ucapnya.

Pelaksanaan program ini, diakuinya tanpa biaya, alias gratis untuk masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan mereka.

“Kemarin, sekitar ada 80 ekor kucing, dan juga hari ini hingga pukul 12.00 WITA sudah ada 50 ekor kucing, dan masih ada kesempatan hingga Jumat ini. Kami harapkan masyarakat yang ingin lakukan vaksin rabies bisa memaksimalkan kesempatan ini, karena semuanya gratis tanpa biaya. Cukup datang langsung ke kantor kami,” ucapnya.

Pentingnya vaksinasi rabies yang juga dilakukan tanpa biaya ini, disebut Dadang bisa meminimalisir potensi penyakit rabies, terlebih kepada hewan-hewan yang berpotensi terjangkit penyakit tersebut.

“Sejauh ini sudah ada 132 ekor binatang yang ikuti vaksinasi rabies. Vaksin dari kami, dokternya juga dari kami. Rabies ini kan penyakit yang sering disebut penyakit anjing gila. Padahal, tak hanya sekedar diidap oleh anjing, penyakit ini juga bisa terkena bagi kucing, kera dan musang. Ketika binatang terkena rabies, saat menggigit manusia, potensi rabies akan tertular. Ini bisa menyebabkan kematin, jika tak ditangani lebih lanjut. Bisa fatal akibatnya ketika telat penanganan. Sebaiknya, dalam setahun, vaksinasi bisa dilakukan sebanyak 2 kali,” ucapnya.

Sumber: tribun kaltim (terbit:4 Januari 2018)

Penulis: Anjas Pratama

Editor: Januar Alamijaya


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb