Kunjungan Kerja Dinas PKH Kaltim Ke UGM

09 November 2021 Admin Website Berita 650
Kunjungan Kerja Dinas PKH Kaltim Ke UGM Gama Umami, rumput unggul hasil radiasi sinar gamma

Yogyakarta - Senin 8 November 2021, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Kunjungan kerja dilaksanakan dalam rangka kaji terap pengembangan rumput unggul gama Umami.

Rumput ini adalah hasil penelitian dosen Fakultas Peternakan UGM yang diketuai oleh Dr. Ir. Nafiatul Umami,S.Pt., Mp., Ph.D.,IPM.,ASEAN Eng.,. Rumput Gama Umami merupakan mutasi rumput gajah yang telah diradiasi sinar gama sehingga kualitas dan produksinya lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Rumput gajah dipilih karena rumput ini merupakan jenis yang unggul, disukai ternak ruminansia, dan sangat cocok dikembangkan di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis. Hasil produksi rumput Gama Umami lebih tinggi dibandingkan rumput gajah lokal sebagai tetua dan dalam setahun dapat dipanen hingga 6 kali (fapet UGM).

Harapannya rumput ini dapat dikembangkan di Kalimantan Timur untuk mendukung kegiatan pengembangan kawasan mini ranch dan penanaman Hijauan Pakan Ternak (HPT) berkualitas, sehingga ternak dapat tercukupi kebutuhan pakannya dengan pakan berkualitas.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz