Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Pelayanan Vaksin Anti Rabies Gratis di Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan
10 Oktober 2019 Admin Website Berita 27

Samarinda. Ada beberapa rangkaian acara dalam Expo Bhakti Peternakan yang diadakan setiap tahun oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur,dibuka secara resmi pada hari, Kamis, (10/10/2019).

Diantaranya meliputi vaksinasi gratis yang difasilitasi oleh DPKH Kaltim yang juga bekerja sama dengan beberapa dokter hewan. Kepala DPKH Kaltim Dadang Sudarya menjelaskan bahwa, penyuluhan tentang vaksinasi rabies sering dilakukan tiap tahun, baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota tujuannya agar masyarakat bisa mengetahui pentingnya vaksin anti rabies untuk hewan ternak.

Diacara expo tahun ini, vaksinasi anti rabies diberikan secara gratis, karena masih terkait dengan Peringatan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day. 

“Kita lakukan serentak. Di kabupaten-kabupaten sudah dilakukan, kita di provinsi menggabungkannya dengan acara ini (expo bulan bhakti),” tambah Dadang Sudaryana.

Ia mengatakan, target Kalimantan Timur sendiri untuk tahun 2028 bebas dari rabies dan ditahun 2029 seluruh pulau Kalimantan bebas dari rabies. Indonesia pun ditargetkan bebas dari rabies pada tahun 2030.

“Tahun 2019 ini Kaltim sudah diusulkan pembebasan Rabies, rencananya akan dilaksanakan di Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan beberapa pulau kecil sekitarnya,” sebut Dadang.

Dirinya juga menyoroti tentang kasus rabies di Kaltim sejak 2017 hingga 2019, dari 742 gigitan oleh hewan, belum ada kasus yang positif terinfeksi rabies.

“Baik dari anjing maupun kucing yang menggigit hasilnya negatif, juga dari orang yang digigit hasilnya juga negatif. Kasusnya sekitar tahun 2017 dan 2018. Terjadi di beberapa kabupaten, memang agak banyak terjadi kasusnya di Balikpapan, selebihnya seperti di Kubar, Kutim dan Kukar,” tutupnya.

Sumber: infosatu.co

 


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb