Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Peramalan Produksi, Harga DOC dan Ayam Potong Tahun 2018 di Kaltim
22 Juni 2018 Admin Website Artikel 568

Dalam menghitung model peramalan mengenai produksi, harga DOC, dan ayam potong pada tahun 2018 di Provinsi Kalimantan Timur dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan metode otomatis expert modeler pada SPSS 24 pada menu modeler secara otomatis menemukan model yang pas untuk setiap variabel independen.

Penelitian difokuskan pada eksplorasi data kontinue produksi DOC pada beberapa breeding farm yang ada di Kalimantan Timur, harga doc dan harga ayam potong periode Januari 2014 – Desember 2017. Tujuan penelitian ini yaitu membuat pola data untuk kepentingan lebih lanjut yakni peramalan untuk 12 periode (Januari-Desember2018) ke depan berdasarkan pada data periode sebelumnya.

Produksi DOC di Kalimantan Timur di produksi oleh 5 Perusahaan pembibitan ayam potong yaitu CPJF, JAPFA, MALINDO, SUJA dan RPS dalam produksi perusahaan-perusahaan tersebut telah menyesuaikan dengan kapasitas produksi dengan jumlah induk dan mesin yang ada. Produksi bisa berkurang jika terjadi kegagalan produksi semisalnya terjadi serangan penyakit dan force majure, produksi bisa bertambah jika ada penambahan indukan dan kapasitas mesin tetas, pola produksi dan forecasting DOC. 

Harga DOC dapat meleset jika terjadi tidak seimbangan supply dan demand, situasi penyakit, strategi dari peternak dan moment (hari besar agama, dan tahun baru) dan termasuk dipengaruhi oleh harga ayam potong (live bird). Jika terjadi keterlambatan panen makan stok kandang kosong akan berkurang sehingga secara otomatis peternak menunda chick in yang mengakibatkan demand DOC turun dan berdapak pada turunnya harga DOC. Harga DOC selain dipengaruhi oleh supply dan demand, juga dipengaruhi oleh kualitas DOC itu sendiri, seringkali dipeternak beredar informasi tentang kualitas DOC berdasarkan pengalaman peternak, namun kualitas DOC tidak terlalu signifikan mempengaruhi harga DOC. 

Secara perhitungan dengan model terbaik perhitungan forecasting maka harga ayam potong berpola musiman, artinya jika berpola musiman maka harga naik atau turun akan berulang pada perode yang sama pada setiap 12 bulan. Harga ayam potong (Live bird) berpola musiman dapat ditandai dengan adanya hari besar keagamaan seperti awal ramadhan, hari raya Idul Fitri, menjelang Idul adha, Natal dan Tahun baru maka harga akan cenderung naik, sedangkan harga akan cenderung turun pada saat tidak ada moment seperti bulan Maret, April, September dan Oktober. Ramalan harga dapat membantu peternak, breeding farm untuk mengatur strategi dalam mempersiapkan stok agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data maka dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu:

  1. Metode terbaik peramalan produksi, harga DOC dan harga Ayam Potong adalah simple seasonal, sesuai dengan sifat data yang berpola musiman.
  2. Peramalan produksi DOC Tahun 2018 di Kalimantan Timur berturut-turut rata-rata tengah 8,068,177 ekor; tertinggi 11,161,071 ekor; dan terendah 4,975,282 ekor.
  3. Peramalan harga DOC Tahun 2018 di Kalimantan Timur berturut-turut rata-rata tengah Rp.4.024, terendah Rp.2,429 dan tertinggi Rp.5,619.
  4. Peramalan harga ayam potong Tahun 2018 di Kalimantan Timur berturut-turut rata-rata tengah Rp.18.233, terendah rata-rata Rp.13.998 dan tertinggi Rp.22.467

Penulis: Rofik, S.Pt (Pengawas Bibit Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim)

download


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb