Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Rakortekda Peternakan dan Keswan Dimulai
19 Maret 2020 Admin Website Berita 45
Rakortekda Peternakan dan Keswan Dimulai

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor secara resmi membuka Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (Rakontekda) Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) se Kalimantan Timur Tahun 2020 di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Senin (16/3/2020).

Atas nama pemerintah dan masyarakat, Gubernur Isran Noor sangat mengapresiasi penyelenggaraan Rakontekda bidang peternakan. Diharapkan pertemuan ini mampu merumuskan kebijakan dalam percepatan pembangunan dan pengembangan peternakan Kaltim.

"Kita ketahui gading sapi salah satu komoditi pemicu inflasi. Saya meminta jajaran peternakan provinsi hingga kabupaten dan kota bahkan pusat terus mendorong kecukupan ketersediaan daging sapi melalui percepatan populasi dan pengembangannya di daerah," harap Isran Noor.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri penetapan Kaltim sebagai calon ibu kota NKRI. Maka, lonjakan dan pertambahan penduduk pasti terjadi diperkirakan mencapai 5 bahkan 10 juta penduduk di sekitar IKN.

"Maka, lonjakan jumlah penduduk harus kita antisipasi dengan ketersediaan produk pangan dan protein asal hewani. Saya yakin kita bisa dengan memaksimalkan dukungan potensi lahan yang tersedia  luas," ungkap Isran.

Sementara Kepala Dinas PKH Dadang Sudarya mengemukakan pihak dalam pembangunan dan pengembangan peternakan menlakukan terobosan Sikomandan atau Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri. Serta membuka import sapi indukan juga integrasi sapi sawit dan sapi di eks lahan tambang batubara.

Pembukaann kegiatan bertema Mewujudkan Peternakan Yang Maju, Mandiri dan Modern Untuk Mendukung Kalimantan Timur Berdaulat Pangan ditandai pemukulan gong. Dirangkai penyerahan Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) guna menjamin keamanan pangan hasil peternakan bagi pelaku usaha peternakan dan Sertifikat Pertanian Organik (non pangan).

Kegiatan selama tiga hari (15-17 Maret) diikuti 100 peserta dari instansi terkait Pemprov Kaltim, kabupaten dan kota, instansi vertikal, TGUP3 Kaltim, kementerian/lembaga, BPTP, asosiasi, Balai Karantina Balikpapan/Samarinda, perbankan, BPS, PDHI dan ISPI.(yans/her/humasprovkaltim)

Sumber: Humas Prov. Kaltim

 


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb