Bimtek Desa Korporasi Sapi

21 Oktober 2021 Admin Website Berita 979
Bimtek Desa Korporasi Sapi
Penajam. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Dahlia Amac, S.Pt, M.Si, selaku kepala seksi penataan, kelembagaan dan penyebaran ternak, mendampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PPU, Mulyono, SP., MP, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Korporasi Sapi (20/10/21) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Bimtek yang diadakan pada tanggal 20-22 Oktober 2021 ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari 20 peserta dari anggota kelompok tani dan 5 peserta dari Babinsa serta dihadiri oleh PPL setempat, Kepala BPP Babulu, Kadis Pertanian Kabupaten PPU beserta jajaranya, Dirjen PKH yang diwakili oleh Direktorat PPHNAK selaku penanggungjawab pelaksanaan Bimtek Pengembangan Desa Korporasi Sapi di wilayah Kalimantan Timur.
 
Kegiatan bimtek berisi beberapa materi dari narasumber, yaitu :
1. Manajemen korporasi petani (definisi dan konsep korporasi peternak) dengan narasumber Sasongko, SP, MIL dari Biro Perencanaan Ditjen PKH,
2. Manajemen Korporasi Petani (kerja sama tim dan kepemimpinan dalam koperasi) dengan narasumber Ir. Joko Iriantono selaku Feedloter sekaligus sebagai Direktur Utama PT. Andini Agro Loka di Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung,
3. Manajemen Pakan Indukan dan Penggemukan oleh Sugeng.
 
Pada bimtek ini juga telah disiapkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya masing – masing baik dari perguruan tinggi, industri, praktisi dan aparatur pemerintah. Selain itu, diberikan pre-test dan post-test materi ke peserta sehingga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan peserta dalam pola pengembangan pemeliharaan ternak.
 
Dengan demikian diharapkan para petani/peternak bisa bertransformasi dari bisnis individual menuju bisinis model korporasi petani. Mengingat membangun bisnis model korporasi bisnis tidaklah sederhana, banyak aspek baik teknis maupun non teknis yang harus disiapkan termasuk SDM, organisasi bisnis, aturan main dan lain – lain. Konsolidasi petani dalam korporasi diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.
 

Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz