Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Bimtek SIUPin Se-Kalimantan Timur
16 Juni 2021 Admin Website Berita 27
Bimtek SIUPin Se-Kalimantan Timur

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar, S.T., M.Si, memimpin pertemuan dalam rangka Bimbingan Teknis Sistem Informasi Unit Pengolahan Hasil Peternakan Indonesia (SIUPin) Se-Kalimantan Timur, di ruang aula Brahman Cross Kantor DPKH Kaltim Jl Bhayangkara No.54 Samarinda. Bimtek menghadirkan narasumber Rangga Wirawan Gaus, S.Pt, selaku Pengawas Mutu Hasil Pertanian Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Manfaat aplikasi SIUPin adalah sebagai pusat informasi produk peternakan, informasi kebutuhan bahan baku produk peternakan (termasuk perusahaan), selain itu sebagai penguatan kelembagaan berbasis koperasi, selanjutnya sebagai sarana evaluasi pemerintah dalam pelaksanaan kemitraan, serta informasi produk peternakan yang siap maupun yang telah diekspor. Sehingga SIUPin diharapkan dalam memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder peternakan, khususnya bagi Kelompok/ pelaku usaha agar dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

Aplikasi SIUPin bertujuan untuk digitalisasi data dan informasi terkait Kelompok/ UPH (Unit Pengolahan Hasil) Peternakan di Indonesia, yang didalamnya mencakup rincian lokasi, sarana prasarana yang dimiliki, asal bahan baku, persyaratan dasar sistem mutu dan keamanan pangan yang dimiliki serta jenis kemitraan Kelompok/UPH peternakan dengan perusahaan mitra. Adapun Kelompok/UPH (Unit Pengolahan Hasil) Peternakan yang telah diinventarisasi, baik pangan maupun non pangan di Kalimantan Timur sejak 2013-2020 sebanyak 332 Kelompok/ UPH.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb