Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Dialog Interaktif TVRI
07 Juli 2021 Admin Website Berita 52
Dialog Interaktif TVRI

Samarinda (6/7/21) - Bertempat di Studio TVRI Samarinda, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar, S. T., M. Si, menerima undangan untuk menjadi narasumber dalam dialog interaktif yang membahas tentang Ketersediaan Stok Hewan Kurban Di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam dialog interaktif ini, Kepala DPKH Prov Kaltim mengatakan selalu berkoordinasi dengan kabupaten dan kota atas rekomendasi ternak yang masuk ke wilayah Kaltim. Dari jumlah sapi di Kalimantan Timur, menjelang hari raya Idul Adha terpantau cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban pada tahun ini.

Adapun upaya yang sudah dilakukan DPKH dalam menghadapi hari raya Idul Adha adalah dengan melakukan pemeriksaan dan pengawasan hewan qurban berupa pemberian stiker Sehat kepada hewan/ternak qurban yang akan dijual. Hal ini sebagai bukti bahwa sapi tersebut sehat dan siap untuk dikonsumsi. Hal ini diharapkan dapat menghilangkan keraguan masyarakat atas kesehatan hewan yang akan diqurbankan dan dapat meningkatkan rasa kepercayaan kepada pemasok sapi di wilayah Kalimantan Timur.

Di awal masa pandemi Covid-19 ini, muncul kekhawatiran akan terjadinya penurunan yang signifikan terhadap daya beli masyarakat akan hewan kurban. Namun, tahun ini daya beli masyarakat akan kebutuhan hewan kurban terpantau tetap tinggi.

Narasumber lain yang turut hadir adalah dari akademisi Universitas Mulawarman, Ary Wibowo, S. Pt., M. Si., Ph. D, di akhir pembicaraan memberi saran pemilihan sapi kurban yang sehat dan berkualitas, khususnya bagi para penyelenggara kurban serta harapan di dunia peternakan Kalimantan Timur pada khususnya. Dengan demikian, pastikan hewan qurban yang dipilih itu sehat, hewan sehat manusia pun ikut sehat.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb