Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Dinas Peternakan Sudah Selesaikan Pembangunan Mini Ranch Di 5 Kabupaten Kota
19 September 2020 Admin Website Berita 135
Dinas Peternakan Sudah Selesaikan Pembangunan Mini Ranch Di 5 Kabupaten Kota Salah satu miniranch di Desa Tanjung Tengah, Kab. Penajam Paser Utara

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kaltim telah menyelesaikan pembangunan Mini Ranch atau tempat pengembalaan sapi ternak di 5 daerah Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur.

Pembangunan yang dilakukan oleh DPKH dengan pihak swasta ini, disebut akan menjadi dorongan untuk memberdayakan peternak sapi lokal di daerah – daerah Kalimantan Timur.

” Alhamdulilah, pembangunannya sudah selesai dan sedang dalam tahap pembayaran pada rekananan. Lokasinya ada di 10 kelompok tani tersebar di Panajam , Paser, Kukar, Kutim, kemudian Berau,” ucap Kabid Pengembangan Kawasan dan Usaha Peternakan Dinas Peternakan dan Kehewanan (DPKH) Kaltim I Gusti Made Jaya Adhi pada Kamis (17/9/2020).

Pria yang akrab dipanggil Made ini mengatakan bahwa ada kurang lebih 10 kelompok tani yang mendapatkan pembangunan Mini Ranch tersebut.

“Awalnya kita menganggarkan untuk 35 kelompok tani, namun karena covid 19, jadi dirasionalisasi tinggal kepada 10 kelompok tani di Kaltim,” tutup Made.

Sehingga melalui program ini, pihaknya berharap bahwa pembangunan ini akan menjadi dorongan bagi kelompok tani untuk bisa membangun peternakan lain, agar  ternak yang dibudidayakan terawat dan mendapatkan pakan yang cukup.

“Tujuan dibuatnya mini ranch supaya ternak-ternak yg dipelihara ini bisa digembalakan dalam satu kawasan. Jadi harapanjya ternaknya mendapatkan pakan yang cukup baik secara jumlah maupun gizi,” pungkas Made.

Sumber: lensaborneo.id


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb