Diskusi Dengan Peternak Layer Kaltim

29 September 2021 Admin Website Berita 685
Diskusi Dengan Peternak Layer Kaltim
Samarinda - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar, S.T., M.Si, melakukan diskusi dan silaturahmi bersama anggota Pinsar Layer terkait pemecahan masalah yang dihadapi peternak Layer Kaltim (29/09/21). Diskusi dihadiri pula oleh H. Harun Al Rasyid dari Komisi III DPRD Provinsi Kaltim dan Kompol Jamhuri dari Kasatgas Pangan Polda Kaltim , dilaksanakan di ruang Brahman Cross DPKH Kaltim Jl Bhayangkara No.54 Samarinda.
 
Dari diskusi tersebut terdapat beberapa poin terkait dengan situasi konsumsi telur ayam ras petelur di Kalimantan Timur :
1. Untuk memenuhi kebutuhan telur ayam ras di Kalimantan Timur sebagian masih didatangkan dari luar Kaltim (Jawa dan Sulawesi).
2. Sejak bulan Juli 2021 s/d saat ini terjadi oversupply telur ayam ras di Jawa yang mengakibatkan turunnya harga telur yang cukup signifikan di Jawa sehingga membuat peternak ayam ras petelur lokal menurunkan harga jualnya agar dapat bersaing dengan telur yang didatangkan dari pulau Jawa
3. Pada saat bersamaan harga pakan ayam juga mengalami kenaikan yang juga cukup signifikan sehingga mengakibatkan biaya produksi / harga pokok penjualan (HPP) mengalami kenaikan.
4. Dengan biaya produksi / HPP untuk produksi telur ayam ras lebih tinggi dari harga jual telur hal ini menyebabkan kerugian peternak ayam ras petelur di Kaltim.
 
Dengan kondisi tersebut para peternak ayam ras petelur mengharapkan adanya kebijakan dari pemerintah dengan membuat regulasi yang bisa melindungi para peternak tersebut terutama pengaturan lalu lintas pemasukan telur ayam ras dari luar Kaltim serta terjadinya penurunan harga pakan ayam ras petelur.
Merespon permintaan peternak tersebut, Kepala DPKH akan berupaya mencari solusi permasalahan bersama instansi terkait lainnya agar peternak ayam ras petelur tidak mengalami kerugian dan ketersediaan pangan hewani masyarakat Kaltim tetap tersedia.

Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz