Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Forum OPD Fokus Kepada Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19
07 Mei 2020 Admin Website Berita 196
Forum OPD Fokus Kepada Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19 Forum OPD via Video Conference

Samarinda. Pandemi Covid-19 telah berdampak kepada kehidupan masyarakat di berbagai sektor, khusunya ekonomi.Peran Dinas PKH (Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kaltim dalam menjaga ketersediaan pangan hewani dituntut untuk berinovasi agar ketersediaan pangan hewani tetap tersedia di tengah pandemi dan pasca pandemi.

Pada Rabu (06/05) telah dilaksanakan Forum Perangkat Daerah yang membahas rancangan awal rencana kerja Dinas PKH Kaltim untuk tahun 2021 yang dihadiri melalui video conference oleh 24 OPD lingkup Pemprov Kaltim dan Dinas Kab./Kota yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan. Dalam paparannya Kadis PKH Kaltim, Ir. Dadang Sudarya, M.MT menyampaikan perubahan rencana kerja di tahun 2021 yang sesuai dengan tema pembangunan pusat dalam “mempercepat pemulihan Ketahanan Ekonomi dan kehidupan masyrakat dengan fokus terhadap industri pariwisata, investasi, dan penguatan sistem kesehatan nasional” pasca pandemi Covid-19. Dadang menyampaikan tujuan Dinas PKH di tahun 2021 adalah meningkatkan kontribusi sektor peternakan terhadap ekonomi daerah dengan target 0,35 persen kontribusi lapangan usaha subsektor peternakan terhadap PDRB Kalimantan Timur. Selanjutnya, sasaran pada tahun 2021 adalah meningkatnya kesejahteraan peternak (NTP Peternakan: 104,5) dan peningkatan produksi pangan asal ternak, yaitu daging (88.255,6 Ton) dan telur (12.337,6 Ton).

Dinas PKH Kaltim juga membuat strategi-strategi pemulihan ekonomi sektor peternakan pasca pandemi Covid-19 yaitu dengan:
1. Kebutuhan pangan asal hewani Provinsi Kalimantan Timur dapat dipenuhi dengan peningkatan produksi lokal melalui pemanfaatan lahan eks tambang dan pemeliharaan sapi integrasi sawit.
2. Percepatan proses recovery usaha peternakan dan peningkatan akses permodalan melalui pemanfaatan fasilitas KTS/AUTS/KUR.
3. Fasilitasi dan koordinasi agar harga sarana dan prasarana peternakan (bibit, pakan, obat-obatan) tetap stabil melalui bantuan bibit, pakan, obat-obatan.
4. Fasilitasi dan koordinasi agart peternak tidak beralih profesi melalui mempermudah ijin usaha peternakan dan membuka lapangan kerja baru.

@disnakkaltim
@disnakkeswankaltim
#kaltimberdaulat
#disnakeswankaltim
#workformhome
#socialdistancing
#dirumahaja
#tidakmudik


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb