Forum Perangkat Daerah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim

16 Maret 2022 Admin Website Berita 243
Forum Perangkat Daerah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Forum Perangkat Daerah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim

Balikpapan – Program pembangunan sektor peternakan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur bertujuan untuk meningkatkan produksi daging dan telur lokal sehingga kita bisa mandiri dan berdaulat pangan asal ternak di Kalimantan Timur dan terutama mendukung Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara ( IKN ).
Sesuai dengan UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan daerah, sehingga perlu dilakukan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah yang merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha (pemangku kepentingan) untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja Perangkat Daerah. Sehingga dapat meningkatkan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Forum Perangkat Daerah ini sebagai momen konsolidasi di awal pelaksanaan anggaran, yang bertujuan untuk memantapkan rencana program/kegiatan tahun 2023 khususnya dalam rangka percepatan pencapaian pembangunan peternakan yang berdaulat dan perekonomian masyarakat.

Forum Perangkat Daerah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 mengusung tema “Sinergitas Perangkat Daerah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Asal Ternak dan Kesejahteraan Masyarakat Untuk Kalimantan Timur Berdaulat” dilaksanakan pada hari Kamis 10 Maret 2022 di Hotel Novotel Balikpapan. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kaltim , Ir. Riza Indra Riadi, M.Si, didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Munawwar,S.T.,M.Si, serta turut hadir narasumber dari Bappeda Provinsi Kalimantan Timur.

 

Dalam sambutannya Pj.Sekda mengapresiasi capaian kinerja peternakan di tahun 2021 yang mengalami peningkatan, nilai PDRB sub sektor peternakan, dari Rp. 2,218 Triliun menjadi Rp. 2,255 Triliun. PDRB Pertanian Rp. 40,848 Triliun dan PDRB Provinsi Kaltim sebesar Rp. 695,158 Triliun" . Hadir dalam FPD ini antara lain TGUP3 Kaltim, Akademisi (jurusan peternakan) Universitas Mulawarman, Dinas yg membidangi fungsi peternakan di Kabupaten/ Kota se- Kaltim, Asosiasi Peternak se-Kaltim, PDHI dan ISPI Kaltim, baik secara online maupun offline. Sebagai pemateri FPD Tahun 2022, adalah dari Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, dan Dinas ESDM Provinsi Kaltim.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz