Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Hewan Qurban di Samarinda Sehat, Dinas PKH Bantu Petugas
12 Juli 2021 Admin Website Berita 59

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H dimana umat Islam yang mampu akan melaksanakan qurban sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT, disambut Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim dengan meningkatkan kemampuan dan kompetensi petugas qurban.

Salah satu dukungan yang diberikan Dinas PKH Kaltim yakni memberikan peralatan hewan qurban ke Masjid serta Langgar di Samarinda. “Alhamdulillah, ada dua puluh unit bantuan alat potong hewan qurban yang dibagikan pada tahun 2021 ini,” terang Kadis PKH Kaltim, Munawwar, Ahad (11/7).

Bantuan alat potong hewan yang dibagikan, terang Munnawar, bertujuan memudahkan petugas saat melaksanakan tugas sebagai pemotong hewan qurban agar sesuai syariat Islam seperti mudah serta tidak menyakiti hewan. 

Hewan kurban, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan ternak yang disembelih untuk keperluan warga setiap harinya namun dalam pemotongan hewan untuk qurban ada beberapa syarat yang dipenuhi termasuk kesehatan hewan. 

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, Dinas PKH bersama Dinas Pertanian atau Pertenakan se Kaltim, melakukan pemantauan bahkan telah memeriksa ribuan ekor hewan qurban yang dijual pedagang ternak. “Dengan pertemuan dengan jajaran pengurus masjid serta panitia qurban, diharapkan pengetahuan petugas akan kesehatan hewan meningkat sehingga asal potong yang akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat,” bebernya.

Terkait stok hewan qurban seperti sapi dan kambing di Samarinda, dijelaskan mencukupi. Berdasarkan data, di Samarinda saat ini terdapat 3.037 ekor hewan qurban yang sudah diperiksa tim dan dinyatakan sehat. “Hingga saat ini belum ada informasi hewan kurang sehat, Insya Allah semua sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan Qurban pada tahun 2021 ini,” ungkap Munnawar.

Sumber: swarakutim.com


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb