Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Jelang Idul Fitri, Komoditi Pangan Asal Ternak Aman
01 Mei 2021 Admin Website Berita 23
Jelang Idul Fitri, Komoditi Pangan Asal Ternak Aman Kunjungan kerja Kadis ke salah satu distributor daging beku

SAMARINDA- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Munawar mengatakan selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun ini, persediaan komoditi asal ternak, berupa daging ayam, daging sapi dan telur masih aman dan mencukupi.

Munawar menambahkan komoditi daging putih dan daging merah, berdasarkan data dari usaha penggemukan sapi dan kambing, kelompok ternak, distributor daging beku, para peternak ayam ras pedaging, komoditi asal ternak masih aman.

“Untuk stok daging sapi, kambing dan ayam sangat mencukupi dari kebutuhan. Kalaupun ada kekurangan paling sekitar 5 sampai 6 persen saja,” kata Munawar, usai menghadiri Buka Puasa Bersama di DLH Kaltim, bebarapa hari lalu.

Diakuinya, persediaan daging kerbau dan kambing dari tahun ke tahun kurang, tetapi Ramadan dan Idul Fitri tahun ini masih mencukupi, karena sumber ternak dari lokal, didukung 19 ton dari Bulog, juga sapi potong dari pemasok.

“Kalaupun ada kekurangannya hanya sekitar 10 sampai 15 persen. Tapi ada sekitar 4 ton daging beku. Artinya kekurangan ditutupi dari pemasok daging beku,”tandasnya.

Munawar mengakui pihaknya sudah melakukan upaya breeding, DOC terkait bibit ayam pedaging melalui para peternak-peternak rakyat dan pihak swasta.

"Jadi kita sudah lakukan koordinasi terkait pasokan untuk ketersediaan daging, selama Ramadan hingga Idull Fitri mendatang,” ungkap Munawar.

sumber: humasprov kaltim


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb