Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Kaltim bertekad Jadi Sumber Bibit Sapi
12 Februari 2015 Admin Website Berita 259
 Kaltim bertekad Jadi Sumber Bibit  Sapi Sekdis Peternakan Ir Woro Triani serta Ir IG Made Jaya Adhi, Kabid Pembibitan dan Budidaya Peternakan Memberi komando Salam Optimis kepada Peserta Workshop

 ,"Kaltim kedepan tidak lagi akan menjadi daerah swasembada daging, tetapi menjadi daerah sumber bibit  sapi terbesar,"kata  Kepala Dinas  Peternakan Kaltim Ir  H Dadang Sudarya, dalam pembukaan Workshop Penguatan Sapi/Kerbau Betina Bunting Kamis (12/2).

Dadang diwakili Sekretaris  Dinas (Sekdis) Ir Woro Triani, menuturkan, tekad menjadi sumber bibit  sapi  tersebut sangat beralasan mengingat kebutuhan dan ketersediaan  daging sapi mengalami surplus, jika berpatokan pada populasi ternak.

Tutur  dadang untuk pemenuhan daging sapi hanya memerlukan  500 ribu ekor sapi, sehingga terdapat kelebihan 1.500.000 ekor sapi"kelebihan ini sangat besar dan diharapkan bisa berbentuk anak sapi,"sebut Dadang.

Mencapai  tekad  sumber bibit  sapi   menurut Dadang berbagai upaya telah dilakukan diantaranya,  memperkuat kegiatan operasional dalam rangka percepatan pencapaian PSDS/K 2014 bersumber pendanaan mulai APBN,APBD provinsi hingga APBD kota/kabupaten.

Bentuk perkuatan  kegiatan tersebut terbagi  meliputi  bidang pembibitan dan budidaya, dengan mendatangkan sapi bibit.Dibidang ini  Lanjut Dadang telah di datangkan ke  Kaltim kurang lebih   5.000-7.000 ekor bibit sapi.

Pengadaan  bibit  sapi sumber dana APBN dan APBD itu  masuk ke Kaltim dalam 4 tahun anggaran, mulai Tahun 2009 hingga Tahun 2014.

Berlanjut pelatihan tenaga teknis reproduksi baik inseminator, PKB dan ATR serta pemberian dana operasional petugas reproduksi bagi inseminator, PKB, dan ATR "untuk dana mempergunakan anggaran APBD dan APBN,"jelas Dadang.

Kemudian Bidang Pengembangan Kawasan Dan Usaha Peternakan meliputi pemberian Kredit Ternak Sejahtera (KTS), Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) dan pertemuan dalam rangka pemecahan berbagai masalah.

lalu Kesehatan Hewan berupa program kegiatan pencegahan serangan penyakit Jembrana dengan kegiatan vaksinasi dan penyuluhan dan melakukan surveilans rutin.

Untuk Bidang Kesmavet berupa kegiatan promosi usaha dan potensi pengembangan pembibitan sapi dan memberikan penyuluhan kesehatan masyarakat veteriner.sup.




Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb