Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Konsolidasi Pengawasan dan Pengendalian Ternak Betina produktif
01 Mei 2021 Admin Website Berita 232
Konsolidasi Pengawasan dan Pengendalian Ternak Betina produktif Kunjungan kerja Kadis PKH ke RPH Balikpapan

Balikpapan_(30/4/2021) Dalam rangka pencegahan pemotongan ternak sapi/kerbau betina produktif di Kalimantan Timur, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, H. Munawwar, S.T., M.Si, beserta jajarannya bersama POLDA Kaltim, Polsek dan Bhabinkamtibmas Kota Balikpapan melakukan koordinasi dan pengawasan pengendalian pemotongan ternak sapi/kerbau betina produktif  dengan meninjau langsung ke lokasi Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Balikpapan. Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Bidang Kehewanan dan Peternakan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan serta Kepala UPTD RPH Kota Balikpapan.

Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah dalam pengendalian pemotongan ternak ruminansia betina produktif telah dilakukan Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Pengendalian Pemotongan Ternak Ruminansia Betina Produktif.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini sebagai berikut :
1) Sesuai RPJMD Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019 – 2023 dalam rangka penyediaan produksi pangan asal hewan;
2) Peningkatan populasi ternak sapi/kerbau di Kalimantan Timur melalui pengawasan pemotongan betina produktif;
3) Peningkatan koordinasi dengan POLDA dan Dinas Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan serta Kepala UPTD RPH Kota Balikpapan sebagai langkah awal pencegahan pemotongan betina produktif;
4) Fasilitasi pembelian ternak sapi/kerbau betina produktif yang tidak boleh dipotong;
5) Sosialisasi Peraturan Gubernur Kaltim nomor 21 tahun 2020 tentang pelaksanaan atas Perda Kaltim Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pengendalian Pemotongan Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif kepada masyarakat.

Kunjungan kerja lalu dilanjutkan ke markas polda Kaltim yang diterima oleh Direktur Binmas Polda Kaltim beserta jajarannya untuk koordinasi dan sosialisasi aturan terkait kepada masyarakat di Kota Balikpapan.

Rangkaian kunjungan kerja di Kota Balikpapan juga menuju cold storage atau gudang-gudang penyimpanan produk-produk asal hewan yang dikelola oleh swasta untuk menjamin ketersedian stok dan distribusi daging dan pangan asal hewan lainnya selama bulan suci ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb