Orientasi Lapangan ke BPTU-HPT Denpasar

27 November 2021 Admin Website Berita 656
Orientasi Lapangan ke  BPTU-HPT Denpasar
Bali - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan orientasi Hijauan Pakan Ternak (HPT) ke Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar tanggal 26 November 2021.
 
BPTU- HPT Denpasar sebagai centre of excellence dalam peningkatan mutu genetik bibit ternak Sapi Bali dan kelestarian plasma nutfah nasional yang didukung dengan pengembangan dan peningkatan produksi hijauan pakan ternak. Lahan yang dimiliki 102 ha dengan luasan padang pengembalaan 70 ha dan rumput potong 24 ha dengan populasi sapi sebanyak 1.200 ekor. Kunjungan diterima oleh Maskur, S.Pt selaku Koordinator Pengawas Mutu Pakan.
 
Dalam pendampingan orientasi lapangan, Maskur menjelaskan mengenai proses pembibitan sapi Bali yang menggunakan metode pengembalaan secara extensif pada Paddock yang sudah disiapkan berdasarkan umur sapi, luasan Paddock, rotasi pengembalaan, dan untuk peremajaan padang pengembalaan dilakukan setiap 4 tahun sekali berdasarkan kondisi hijauan yang tersedia. Maskur juga menambahkan untuk koleksi bibit HPT yang dikembangkan baik leguminosa maupun rumput potong yang ada di BPTU - HPT Denpasar ada sekitar 21 jenis yang sebagaian besar masih dalam tahap pengembangan, untuk rumput potong yang siap produksi hanya King Grass dan Rumput Gajah sedangkan untuk rumput gembala menggunakan rumput kompetidor dengan keunggulan yang tahan terhadap injakan, tahan rengutan dan cuaca ekstrim. Untuk proses pemanenan rumput potong dilakukan setiap 60 hari sekali yang menghasilkan produksi 8-10 ton/hari/petak dengan luasan petak 1500 m2.
 
Untuk sistem pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada setiap Paddock pengembalaan sedangkan untuk pedet sapi Bali yang lepas sapih pakan diberikan berdasarkan bobot badan ternak yang selalu dilakukan penimbangan setiap 1 bulan sekali dengan perbandingan pemberian pakan 0,5-2,5% untuk pakan konsentrat dan 5-10% untuk rumput potong dari berat badan ternak.

Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz