Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Pacu Pertumbuhan Peternakan Rakyat
23 April 2018 Admin Website Berita 230

Realisasi dana permodalan usaha subsektor peternakan untuk KTS dari lembaga perbankan di Kabupaten Berau sejak 2013 hingga saat ini telah mencapai Rp 5,7 miliar dan yang memanfaatkannya sebanyak 53 peternak.

Sekretaris Distanak Berau Mustakim mengatakan, KTS merupakan sumber pembiayaan yang difasilitasi Pemprov Kaltim melalui Bankaltimtara untuk memacu pertumbuhan peternakan rakyat di Benua Etam.

“Program permodalan usaha melalui program KTS  dimanfaatkan untuk usaha peternakan kambing, ayam potong dan sapi,” ujarnya kepada Berau Post, Selasa (17/4).

Berau merupakan dareeah terbesar di Kaltim yang memanfaatkan KTS. “Kami sering melakukan sosialisasi langsung kepada peternak melalui penyuluh di lapangan agar memanfaatkan program KTS. Bunga pinjamannya hanya sembilan persen per tahun,” ungkapnya.

Untuk pengajuan kredit program difasilitasi dan harus mendapatkan rekomendasi dari pihaknya. Kemudian bank menentukan jumlah yang diberikan.

“Sebelum mengajukan KTS, peternak harus memiliki Tanda Daftar Peternakan (TDP) yang bisa diperoleh di Dinas Pertanian dan Peternakan Berau. Jika tidak ada TDP perbankan tidak bisa menindaklanjuti pengajuan KTS tersebut,” tuturnya.

Sementara Kepala Seksi Bina Usaha Distanak Berau, Widodo mengatakan pada 2018 sebanyak 9 peternak mengajukan TDP. Kini 5 peternak telah menerima pendanaan dari program KTS. (*/nar/rio)

Sumber: prokal.co
Edisi     : kamis, 19 April 2018


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb