Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Peluncuran Aplikasi SIMENAWAN
21 Oktober 2020 Admin Website Berita 141
Peluncuran Aplikasi SIMENAWAN Peluncuran Aplikasi SIMENAWAN oleh Kadis PKH

Samarinda. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur meluncurkan 1 (satu) aplikasi yang bernama aplikasi simenawan yang dapat meningkatkan pelayanan publik terutama pelayanan kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet), Rabu (21/10).

Aplikasi Simenawan adalah aplikasi yang menyediakan layanan kesehatan masyarakat veteriner (kesmavet) berupa pengajuan sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dan rekomendasi pemasukan dan pengeluaran produk hewan. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk aksi perubahan dalam peningkatan pelayanan publik yang dirancang oleh drh.Yulis Tanty.

Aplikasi simenawan telah terdaftar di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur dengan nama subdomain simenawan.kaltimprov.go.id. Aplikasi simenawan juga sudah mempunyai link dengan website Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, sehingga dapat memberikan kemudahan di dalam pelayanan kesmavet.

Dalam aplikasi simenawan, tersedia berbagai fitur yang memberikan layanan sertifikasi NKV dan rekomendasi pemasukan dan pengeluaran produk hewan. Sebelum melakukan pengajuan pemohon bisa mendownload panduan dan berbagai format surat yang diperlukan dalam persyaratan baik sertifikasi NKV maupun rekomendasi pemasukan dan pengeluaran produk hewan.

Ke depan, akan terus dikembangkan konten-konten fitur aplikasi berupa inventarisasi data NKV dan produk hewan, pemetaan unit usaha, automatisasi nomor surat dan format lampiran yang diajukan serta pengembangan berbasis android/IOS.

Aplikasi itu merupakan wujud inovasi yang dilatarbelakangi oleh perkembangan era digital, apalagi saat ini masa pandemi covid-19 dimana dalam pelayanan tidak bisa bertatap muka sehingga pelayanan digitalisasi sangat diperlukan. Selanjutnya demi keberhasilan dan keberlangsungan dari aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah akses bagi pelaku usaha dalam proses pengajuan sertifikasi NKV maupun rekomendasi pemasukan dan pengeluaran produk hewan. Sehingga pelayanan yang diberikan menjadi lebih mudah dan efektif


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb