Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Pemprov Kembangkan UPTD Lab Keswan Kesmavet
27 April 2021 Admin Website Berita 203
Pemprov Kembangkan UPTD Lab Keswan Kesmavet

SAMARINDA -  Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pelayanan publik di Kaltim, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa'bani menegaskan terus mendukung pengembangan instansi, berupa sarana/prasarana maupun sumber daya manusia (SDM) aparaturnya.

Salah satunya, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet), milik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim di Jalan Juanda Samarinda.

Menurut Sa'bani, terpenting mulai saat ini Pemprov Kaltim melalui anggaran daerah (APBD) memback up UPTD Laboratorium Keswan dan Kesmavet, mengingat lokasinya (bangunan dan lahan) sempit serta berada di lingkungan padat pemukiman, sehingga tidak layak lagi.

"Perlu kita siapkan lahan baru, bangunan baru, yang lebih representatif agar lebih leluasa dan tidak mengganggu masyarakat," kata Sa'bani saat penyerahan Piagam Penghargaan dan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2020 di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (20/4/2021).

Sebab, lanjutnya, pelayanan yang diberikan UPTD berhubungan langsung dengan masyarakat, tentu ke depan akan semakin banyak pelayanan yang diberikan seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk halal.

Diketahui ujarnya, UPTD Laboratorium Keswan Kesmavet memberikan layanan publik berupa sertifikasi produk-produk peternakan halal melalui inovasi Produk Pangan Halal (Pahala) Kaltim.

"Semoga tahun ini kita bisa siapkan lahannya, sehingga tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya," harap Sa'bani.

Ditambahkannya, pengembangan UPTD Laboratorium merupakan langkah dan pelayanan strategis Pemprov Kaltim bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang tidak mempunyai kemampuan cukup untuk membiayai bagaimana mendapatkan sertifikasi halal pangan asal ternak olahan mereka.

"Semoga mulai tahun ini, kita sudah bisa mewariskan anggaran, sehingga 2022 nanti Dinas Peternakan bisa membangun gedung baru UPTD yang lebih layak," harap Sa'bani.

Sumber: humasprov kaltim


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb