Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Pentingnya Data Dalam Pembangunan Peternakan di Kaltim
21 Maret 2019 Admin Website Berita 115
Pentingnya Data Dalam Pembangunan Peternakan di Kaltim Arahan dan Paparan Kepala Dinas Tentang Pentingnya Data Dalam Pembangunan Peternakan Kaltim

Samarinda. Pembangunan peternakan di kaltim tidak lepas dari ketersedian data yang akurat, utamanya terkait dengan populasi ternak, pemotongan, produksi dan konsumsi daging. Hal ini sangat penting dalam upaya mengukur kemampuan daerah untuk menyediakan pangan asal ternak bagi kebutuhan dalam daerah. Selain itu, ketersediaan data juga sangat penting dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan. Hal tersebut disampaikan oleh Dadang selaku Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kaltim dan sekaligus membuka acara Pelatihan Perstatistikan Data Peternakan Tingkat Provinsi Tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 22 – 22 Maret 2019 di Aula Dinas Peternakan dan Keswan Kaltim.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari dinas kabupaten kota se-Kalimantan Timur yang menangani data peternakan. Adapun yang menjadi narasumber pada acara Pelatihan Perstatiskan yaitu:

  1. Ditjen Peternakan & Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI
  2. Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur
  3. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan para petugas pengelola data peternakan dalam bidang perstatistikan di semua tingkatan kab/kota maupun provinsi, serta secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas data statistik peternakan sehingga data yang didapat menjadi lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Upaya penyediaan data peternakan yang akurat, up to date dan dengan frekwensi yang semakin tinggi bukanlah hal yang mudah, karena itu saya menghimbau perlu upaya perbaikan terkait dengan data pemotongan, pemasukan, pengeluaran ternak, kelahiran dan kematian ternak. Data tersebut sangatlah vital dikala kita berupaya untuk meningkatkan kontribusi lokal dalam penyediaan ternak dan hasil peternakan bagi kebutuhan masyarakat kita di Provinsi Kalimantan Timur”, ujar Dadang.

@disnakkaltim


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb