Menu

Penyerahan Peralatan & Perlengkapan JULEHA Serta Pelepasan Tim Pengawasan & Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Daging Kurban

 14 Juni 2024
 Fauzan
 Berita
 565
Penyerahan Peralatan & Perlengkapan JULEHA Serta Pelepasan Tim Pengawasan & Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Daging Kurban

Samarinda, 14 Juni 2024 - Dalam rangka peningkatan kompetensi dan kualitas Juru Sembelih Halal (Juleha) serta daging kurban yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH) teruma menjelang Iduladha 1445 H, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Penyerahan Peralatan dan Perlengkapan Juleha serta Pelepasan Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban dan Daging Kurban yang berlangsung di Ruang Brahman Cross Kantor DPKH Provinsi Kaltim.

Sebanyak 57 orang pengawas kesehatan hewan kurban akan disebar ke Kab./Kota di Kalimantan Timur untuk memastikan proses penyembelihan dan kondisi hewan kurban sudah sesuai dengan ketentuan. Tim pengawas ini akan dikerahkan menjelang hari H Iduladha, saat hari H Iduladha, dan setelah hari H Iduladha. Pada hari ini (14/06/2024) tim sudah mulai menuju ke lapak-lapak hewan kurban serta halaman masjid yang dijadikan tempat pemotongan sapi dan kambing.

Kepala DPKH Provinsi Kaltim, Fahmi Himawan, S.T., M.T. menyatakan “Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, jumlah Sapi Bantuan Kemasyarakat Presiden yang kami terima tahun ini totalnya sebanyak 27 ekor sapi. Sebanyak 25 ekor untuk IKN dan 2 ekor untuk Kalimantan Timur yang akan ditempatkan di Masjid Islamic Center Samarinda. Tentunya kami berharap semua proses penyembelihan serta pengawasan dapat berjalan lancar tapa hambatan, tahun ini kami juga terbuka kepada pihak yang ingin berkolaborasi dalam mengawasi pelaksanaan kurban.”

Dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan peralatan dan perlengkapan Juleha Kota Samarinda, serta pelepasan secara simbolis tim pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban dan daging kurban.

Adapun pihak-pihak yang hadir dan turut terlibat dalam pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban diantaranya Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban dan Daging
Qurban DPKH Provinsi Kaltim, Tim Pemeriksaan Hewan Qurban Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda, Akademisi Universitas Mulawarman, Perwakilan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Kalimantan Timur I, Perwakilan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI)
Cabang Kalimantan Timur I, Juleha Masjid Islamic Center Samarinda, Juleha Masjid Nurul Mu'minin, Juleha RPH Kota Samarinda, Juleha RPH Kota Samarinda, Juleha dari Organisasi Juleha Cabang Kaltim

diposting oleh

...

Admin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

GPR

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam mengolah peternakan yang ada di kalimantan timur untuk mengciptakan lahan ternak yang lebih luas agar dapat memenuhi target kebutuhan daging tiap tahunnya.

Pengunjung

  • Online
  • Hari ini
  • Bulan ini
  • Tahun ini
  • Tahun lalu
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0