PMK Talk “Strategi Penanganan PMK Di Kaltim”

18 November 2022 Muhammad Al-ikqrham Berita 19
PMK Talk “Strategi Penanganan PMK Di Kaltim”

Samarinda - Tim Komunikasi Publik Satgas PMK Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengadakan Talkshow yang bertajuk “Strategi Pemerintah Daerah dalam Mempertahankan Zero Reported Case PMK” Rabu, 16 November 2022 pukul 14:00 WIB dengan 3 Narasumber Provinsi yang berhasil mengendalikan PMK (zero reported case) yaitu Kalimantan Timur, Bali dan Lampung.

Setiap Provinsi menyampaikan strategi dalam penanganan PMK sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang masih berjuang menghadapi PMK.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur Fahmi Himawan, ST., MT., menyampaikan dalam melakukan kegiatan pengendalian dan penanggulangan PMK di Provinsi Kalimantan Timur telah menerapkan 5 (lima) strategi utama penanganan PMK, yaitu biosekuriti, pengobatan, testing, vaksinasi dan potong bersyarat.

Selain ke 5 strategi tersebut juga dilakukan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat khususnya peternak dalam mendukung kegiatan pengendalian dan pemberantasan PMK di Kalimantan Timur serta koordinasi dengan Kabupaten/Kota dan pengawasan lalu lintas ternak.

Upaya yang dilakukan Kalimantan Timur tentu saja tidak lepas dari komitmen Satgas PMK Kalimantan Timur. Semoga komitmen yang sudah terjalin untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan guna mempertahankan zero case serta peningkatan status seluruh Kabupaten/ Kota Provinsi Kalimantan Timur menjadi zona putih bahkan zona hijau.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz