Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Potensi Usaha Penggemukan Sapi Potong di Kec. Balikpapan Utara dalam mendukung IKN
01 Mei 2021 Admin Website Berita 25
Potensi Usaha Penggemukan Sapi Potong di Kec. Balikpapan Utara dalam mendukung IKN Sosialisasi manajemen pemeliharaan ternak oleh Kabid PKUP

Diwakili oleh kepala bidang Pengembangan Kawasan dan Usaha Peternakan, Ir. IG. Made Jaya Adhi, MMT mengunjungi Kelompok Tani Tunas Lada di Km 23 Karang Joang- Balikpapan. Kelompok Tani ini mempunyai anggota aktif +/- 20 orang. Kebun rumput yang dimiliki seluas 40 Ha dengan berbagai jenis hijauan pakan ternak seperti: Setaria spachelatta, Brahiaria humidicola tuli, King Grass (Penisetum purpureum) dan rumput Odot. Populasi sapi penggemukan saat ini sebanyak 100 ekor/siklus.

Kunjungan pada hari Jumat 29 Aprol 2021, menampung aspirasi dari kelompok tani ini antara lain kesulitan mendapatkan sapi bakalan penggemukan secara kontinyu sehingga pengisian kandang tidak optimal, penjualan ternak yang tidak wajar oleh tengkulak, tidak termanfaatkannya rumput pada saat kandang kosong serta kekurangan air untuk minum dan memandikan sapi saat musim kemarau.

Sehingga diharapkan dapat merealisasikan  solusi permasalahan di atas, yaitu menggandeng investor untuk menyiapkan sapi bakalan penggemukan dan untuk budidaya sehingga mengurangi ketergantungan pasokan dari luar kaltim, membantu pemasaran agar tidak dipermainkan oleh tengkulak, menyiapkan bank pakan saat produk rumput melimpah serta membantu memfasilitasi penyediaan air.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb