Program Integrated Farming System (IFS) Koperasi Berkah Salamah Jaya

28 Desember 2021 Admin Website Berita 895
Program Integrated Farming System (IFS) Koperasi Berkah Salamah Jaya

Kutai Kartanegara - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar, S.T.,M.Si, mendampingi wakil gubernur Kaltim H.Hadi Mulyadi dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kandang sapi, penanaman jagung, singkong dan rumput gajah sekaligus penandatanganan program Integrated Farming System (IFS) Kelompok Tani Koperasi Berkah Salama Jaya Bendang Raya Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (28/12/21).

Koperasi Berkah Salama Jaya Kalimantan Timur melakukan upaya penguatan ekonomi kerakyatan dengan melakukan usaha penggemukan sapi potong, menanam jagung , menanam singkong dan menanam rumput gajah yang sejalan dengan misi Gubernur/ Wakil Gubernur Kalimantan Timur periode 2019-2024. Usaha penggemukan ini sangat bermanfaat dan prospektif dengan mengintegrasikan dengan tanaman pangan karena limbah pertanian bisa untuk pakan ternak. Kotoran ternak kembali digunakan sebagai pupuk organik untuk memupuk jagung dan tanaman rumput.

Jumlah kelompok yang sudah bergabung sebanyak 65 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 1.491 orang , sudah terbangun 39 unit kandang dan 26 unit dalam proses pembangunan. Di Bendang Raya Kukar akan mulai dibangun sebanyak 22 unit kandang dengan kapasitas 50 ekor sapi untuk 300 orang anggota kelompok tani, menanam jagung seluas 3 Ha, menanam singkong seluas 5 Ha dan menanam rumput gajah untuk pakan ternak seluas 2 Ha.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz