Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Rumusan Sementara RAKONTEKDA 2020
17 Maret 2020 Admin Website Artikel 125
Rumusan Sementara RAKONTEKDA 2020

RUMUSAN SEMENTARA 
RAPAT KONSULTASI DAN KOORDINASI TEKNIS DAERAH
PEMBANGUNAN  PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN
KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2020

Balikpapan, 15-16 Maret 2020 

Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (Rakontekda) Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan se Kalimantan Timur  dilaksanakan pada tanggal 15-17 Maret 2020 bertempat di Kota Balikpapan merupakan forum untuk melakukan sinergitas dan penyelarasan pelaksanaan program kegiatan kabupaten/kota, sehingga dapat diperoleh hasil kinerja pembangunan peternakan yang berkualitas dan akuntabel, sekaligus memantapkan strategi pelaksanaan kegiatan tahun  2020. Rapat konsultasi dan koordinasi ini diikuti kurang lebih 150 orang peserta yang terdiri dari; (a) unsur Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi; (b) Dinas Peternakan atau yang menangani fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Kabupaten/Kota; (c) Instansi terkait dan (d) asosiasi dan swasta yang bergerak di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Pelaksanaan RAKONTEKDA tahun 2020 mengangkat tema “Mewujudkan Peternakan yang Maju, Mandiri, dan Modern Untuk Mendukung Kalimantan Timur Berdaulat Pangan’’.

Makna tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Kaltim yaitu “Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat’ yang tertuang dalam Motto Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur  yaitu “Mini Ranch Sapi Potong untuk Kesejahteraan peternak yang berdaulat”.

 

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut kita bersama sebagaimana berikut:
A. Komitmen Mewujudkan Pengembangan Sapi Potong Berbasis Mini Ranch

  1. Mini ranch memiliki keunggulan komparatif yang berperan dalam peningkatan produksi dan produktifitas, ketersediaan daging sapi dan kesejahteraan peternak oleh karenanya kabupaten/kota harus berkomitmen dan bersinergi dengan pihak swasta dan instansi terkait lainnya serta memfasilitasi hasil produksi atau pemasaran ternak.
  2. Pengembangan mini ranch diharapkan mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri menjadi sebuah ‘centre of excellence’ dalam bidang pengembangan sapi lokal pedaging pola ekstensif melalui peningkatan tiga elemen penting yaitu  kompetensi sumber daya manusia peternakan (peternak, penyuluh, pendamping desa, pelajar/mahasiswa, peneliti/dosen), teknologi peternakan (pengembangan HPT, pelayanan kesehatan hewan, pengendalian pemotongan betina produktif, manajemen budidaya dan pembibitan ternak serta survailans penyakit hewan) dan komitmen stake holder (Eksekutif, Legislatif, Swasta, dan Akedemisi).
  3. Pemilihan lokasi mini ranch di masing-masing kabupaten/kota harus memperhatikan ketersediaan sumber air, status dan topografi lahan serta ketersediaan pakan/hijauan.
  4. Pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota memfasilitasi pemanfaatan lahan pasca tambang untuk pengembangan sapi berbasis mini ranch dengan sistem pinjam pakai dan alih fungsi lahan pasca tambang.
  5. Peningkatan edukasi kepada peternak terkait pemanfaatan perbankan (Kredit Usaha Rakyat, Kredit Ternak Sejahtera ) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau

B. Komitmen Pelaksanaan Program/Kegiatan Tahun 2020

  1. Strategi dan arah kebijkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim yaitu peningkatan peran swasta dan penguatan usaha peternakan rakyat, Peningkatan populasi dan produktivitas ternak, Peningkatan produksi dan pemasaran hasil bibit dan benih, Peningkatan status kesehatan hewan dan pengawasan lalu lintas hewan/ternak, Penguatan pelayanan laboratorium keswan dan kesmavet, Peningkatan daya saing produk peternakan, oleh karenanya Strategi dan arah kebijkan Kabupaten/Kota mengacu kepada Strategi dan arah kebijkan Provinsi agar pembangunan peternakan dan kesehatan hewan bersinergi dan selaras dalam mencapai target yang telah ditetapkan.
  2. Komitmen Pelaksanaan Program/Kegiatan Tahun 2020 (Pengembangan Budidaya/Perbibitan ternak, miniranch, pelayanan kesehatan hewan, fasilitasi sarana dan prasarana peternakan, serta SIKOMANDAN) di Kabupaten/Kota dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

 Balikpapan, 16 Maret 2020

 

Tim Perumus


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb