Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Sosialisasi & Peluncuran Program Kemitraan Koperasi Ternak BSJ
17 Agustus 2020 Admin Website Berita 106
Sosialisasi & Peluncuran Program Kemitraan Koperasi Ternak BSJ Sosialisasi Program Kemitraan Ternak Koperasi BSJ

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (PKH) terus melakukan pembinaan, sekaligus mendorong peningkatan usaha petani peternak di Kaltim.

Salah satunya sosialisasi bagi petani peternak yang tergabung dalam Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Desa Tani Bhakti Kutai Kartanegara.

Bertempat di Balai Desa Tani Bhakti, Rabu (12/8/2020), puluhan petani peternak mengikuti sosialisasi dan launching Program Kemitraan Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kaltim.

Kepala Dinas PKH Kaltim, diwakili Kepala Bidang  Pengembangan Kawasan dan Usaha Peternakan I Gusti Made Jaya Adhi selaku Pengawas Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya, berharap koperasi ini bisa merubah kehidupan peternak menjadi hidup layak dan sejahtera.

"Bukan hanya sebagai anggota koperasi saja, tetapi mereka bisa menjadi mitra koperasi dalam program penggemukan dan penyediaan sapi bibit di Kaltim," ujar Made dalam kegiatan bertema Koperasi Berkah Salama Jaya siap menyongsong Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara (IKN).

Diakuinya, Kaltim membutuhkan 60.000 sapi potong setiap tahunnya untuk memenuhi konsumsi masyarakat. Maka, peluang ini bisa dimanfaatkan melalui koperasi ternak, sehingga peternak sapi tergabung di koperasi ini lebih berdaya saing tinggi dengan penyedia ternak lainnya.

Sekretaris Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Slamet Pamuji mengatakan memenuhi kebutuhan ternak di wilayah Kaltim, pihaknya mendatangkan ternak sapi dari Nusa Tenggara Timur(NTT)  dengan jumlah yang memadai untuk  mencukupi wilayah sesuai dengan anggota koperasi.

“Untuk jangka panjang, koperasi kami akan melakukan pembibitan sapi sehingga tidak lagi mendatangkan sapi dari luar Kaltim.

Ditambahkannya, jumlah sapi setiap panen ditarget bisa mencapai minimal tiga ribu ekor sapi. Dari jumlah itu minimal 30 persen dapat tercapai.(yans/sdn/humasprovkaltim)

Sumber: humasprovkaltim


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb