Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Sosialisasi Pembiayaan Pengembangan Usaha Peternakan DPKH Kaltim & PT. Pertamina
15 Agustus 2020 Admin Website Berita 60
Sosialisasi Pembiayaan Pengembangan Usaha Peternakan DPKH Kaltim & PT. Pertamina

Samarinda. Dalam rangka berkomitmen untuk pengembangan usaha peternakan sapi di Kaltim, Yang sebagian besar merupakan usaha mikro dan kecil, PT Pertamina membuka diri untuk mendukung pengembangan usaha peternakan sapi, ditengah-tengah pandemic covid 19. Maka melalui program CSR nya di lakukanlah program kerja sama kemitraan, antara PT Pertamina Perwakilan Balikpapan dengan Koperasi Berkah Salam Jaya, melalui video conference, Peresmian Program Kemitraan PT. Pertamina dengan Koperasi Berkah Salama Jaya, di lakukan di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimnatan Timur, yang di buka dengan resmi oleh Ditjen Peternakan Keswan pada Kemtrian Pertanian, pada Kamis ( 13/08/2020 ). 

Berdasarkan kelembagaan dan skala usaha saat ini hampir 95% dari populasi sapi diusahakan oleh peternak mikro kecil, dimana peternakan merupakan usaha subsisten dan usaha sambilan, dengan jumlah ternak yang dipelihara berskala mikro dan kecil. Dan hampir 4,73 juta rumah tangga peternak sapi tinggal di pedesaan.

Untuk mengupayakan agar usaha peternakan skala usaha mikro kecil, menjadi usaha yang berorientasi bisnis, serta dapat meningkatkan skala usaha sangat penting.

Sementara peningkatan skala usaha, hanya mungkin di lakukan apabila ada penambahan modal untuk penambahan jumlah ternak.

Untuk itu perlu adanya  skema program kemitraan BUMN yang merupakan salah satu sumber permodalan yang cocok dengan karakteristik usaha peternakan.

Dengan biaya administrasi bunga yang rendah, yaitu 3% per tahun dan peluang mekanisme pembayaranpun setelah panen.

 hal inilah  sangat membantu peternak, dibandingkan sumber pembiayaaan yang lain. Dan Pertamina dengan program CSR nya membuka diri membantu Pembiayaan usaha Peternakan oleh kelompok ternak di Kaltim yang masuk dalam Koperasi berkah salama jaya

Hal ini di sampaikan oleh oleh Ir Fini Murfiani ,MM, yang merupakan Direktur Pengelolaan dan Pemasaran Hasil ternak Ditjen Peternakan Keswan pada Kemtrian Pertanian lewat vitual zoomnya, saat membuka dengan resmi Peresmian Program kemitraan PT Pertamina perwakilan Balikpapan dengan Koperasi berkah salam jaya, bersama DPKH Kaltim, CSR Pertamina dan Koperasi berkah salama jaya.

Di Katakan Fini lewat rilis tertulisnya kepada media ini, bahwa kepercayaan PT. Pertamina kepada Ditjen PKH, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur harus di pegang teguh.

“ Saya berharap,  Program Kemitraan dari PT. Pertamina ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Koperasi Berkah Salama Jaya bagi pengembangan usaha anggotanya. Tentu saja dengan pembinaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas yang membidangi peternakan di kabupaten dan kota terkait, karena saya dengar Koperasi Berkah Salama Jaya merupakan Koperasi induk yang mempunyai anggota 12 koperasi primer tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur,” Ungkapnya

Hadir pada acar Virtual zoom, antara lain Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Dadang Sudarya, Manager Communication Relation & CSR PT. Pertamina Persero Kalimantan, Ketua Koperasi Berkah Salama Jaya, dan Para peternak anggota Koperasi Berkah Salama Jaya. ( adv/ony ).

Sumber: Lensaborneo


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb