Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Stok Daging Untuk Idul Adha Cukup
08 Juli 2019 Admin Website Berita 24

Samarinda. Kebutuhan daging dan telur  diprediksi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Adha 1440 H, 11 Agustus mendatang. Bahkan, ketersediaan daging sapi, kambing, ayam dan telur juga telah disiapkan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. “Daging sapi, ayam dan telur aman sampai Idul Adha nanti”, ucap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan  (DPKH) Kaltim, Dadang Sudarya, melalui kasie. Pemasaran, Fadli (7/7). 

Data dari DPKH provinsi Kaltim, ketersedian daging dan telur untuk bulan ini hingga hari raya Idul Adha mencukupi, bahkan ketersediaan melebihi jumlah kebutuhan. Bahkan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pelaku usaha daging maupun telur, haasilnya seluruh pasokan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kami sudah rapat dengan pembibit unggas maupun pengusaha daging, kita cek kondisi di lapangan, semuanya mencukupi”, jelasnya. 

Namun demikian, ternak maupun telur tetap akan datang lagi ke Kaltim, guna menjaga ketersediaan tetap stabil. “Kami harap dengan pasokan yang mencukupi tidak ada kenaikan harga di pasaran”, ujarnya. Setiap bulannya selalu datang hewan ternak ke Kaltim melalui jalur laut menggunakan kapal ternak. Sekali dating bisa membawa 400-500 hewan ternak yang rata-rata berasal dari NTT. 

Kaltim masih ketergantungan dengan daerah lainnya untuk memenuhi kebutuhan daging maupun telur, sejauh ini ternak sapi masih didatangkan dari NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Jawa Timur. Sementara kambing didatangkan dari Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Dan, ayam ras, serta telur ayam ras didatangkan dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. 

Sumber: Tribun Kaltim edisi Senin, 8 Juli 2019 Halaman 8.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb