Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
Tingkatkan Produksi Daging di Kaltim, Disnak Gandeng PT. Berkah Salama Jaya
31 Mei 2020 Admin Website Berita 148
Tingkatkan Produksi Daging di Kaltim, Disnak Gandeng PT. Berkah Salama Jaya

Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim menyambangi kandang penggemukan sapi di RT 1 Desa Tani Bakti Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar) pada Jumat, 29 Mei 2020. Kepala Disnak Kaltim Dadang Sudarya sangat berharap kepada perusahaan yang bergerak di bidang penggemukan sapi agar bisa memberikan dampak luar biasa bagi Kaltim.

“Seperti halnya PT Berkah Salama Jaya (BSY) yang mendatangkan sapi dari luar Kalimantan dan bergerak di bidang penggemukan sapi ini. Tentu kita berikan support supaya bisa menghasilkan nilai tambah untuk Kaltim, sehingga meningkatnya produksi daging dan meningkatkan pendapatan peternak kita dengan adanya penggemukan sapi ini,” jelasnya.

Diketahui bahwa sapi yang didatangkan dari luar Kalimantan ini tidak langsung dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH). Namun dipelihara dan digemukkan selama 2-3 bulan sehingga ada nilai tambahnya, dengan harapan bisa dinikmati para peternak di Kaltim.

“Makanya kita saling bersinergi agar bisa menikmati nilai tambah tersebut. Beda hal apabila sapi datang dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan langsung masuk ke RPH, tidak dapat nilai tambah bagi peternak di Kaltim,” paparnya.

Sementara itu ditempat yang sama. Suparlan Direktur PT BSY sangat bersyukur atas dukungan Disnak Kaltim terkait penggemukan sapi yang sudah dilakukan perusahaannya.

“Sejauh ini dukungan dari pemerintah sangat luar biasa, sebab untuk legalitas dan jalur distribusi itu membutuhkan rekomendasi dari Disnak,” terangnya.

PT BSY mengambil sapi dari NTT secara rutin. Diakui Suparlan bahwa penggemukan tersebut untuk menyiasati tingkat penyusutan sapi yang dibawa dari Kupang.

“Perjalanan jauh membuat sapi menyusut. Maka untuk memulihkan berat badan sapi, segera kita lakukan penggemukan. Mitra kami pun sangat bersyukur dengan apa yang kita lakukan,” katanya.

Sumber: infosatu.co


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb