Sands Multimedia - 085708094363
admin@peternakan.kaltimprov.go.id 0541 - 743921 / 747745
UPTD Api-Api

UPTD Pembibitan dan Inseminasi Buatan Api - Api

Sejarah tujuan berdirinya UPTD. Pembibitan dan Inseminasi Buatan Api-Api adalah pada awalnya tahun 1990 berupa Penangkaran Rusa melalui Proyek APBD I Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan pada saat itu meliputi pemeliharaan Rusa. Dengan  berdirinya UPTD. Pembibitan dan Inseminasi Buatan Api-Api sebagai pelaksana teknis Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur dilanjutkan kegiatan meliputi Pemeliharaan Ternak Rusa, Pemeliharaan Sapi Bali Bibit, Produksi Semen Beku,  Penanaman HPT,  Pemeliharaan Kambing dan Ayam Kampung (Buras), diharapkan mampu menjaga dan mengembangkan plasma nutfah spesifik Kalimantan Timur.

Dalam memenuhi kebutuhan pengembangan bibit ternak diperlukan pusat pengembangan Tekhnologi Peternakan di Provinsi Kalimantan Timur yang mampu memproduksi Bibit Semen Beku, Bibit HPT, Bibit Sapi, , Bibit Rusa, serta pengolahan pupuk bokasi, pupuk cair dan produk ikutan rusa berupa kapsul ranggah mudah (Velvet) yang memiliki nilai ekonomis.

UPTD. Pembibitan dan Inseminasi Buatan Api-Api Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, sesuai peran dan fungsinya terus berusaha membenahi dan meningkatkan kinerja agar tetap mampu bersaing dan berkontribusi positif terhadap kemajuan dunia peternakan pada umumnya, guna ikut serta mendorong dan mensukseskan program Pemerintah di bidang Peternakan yaitu Pencapaian Swasembada Daging dan Ketahanan Pangan Nasional. Sejalan dengan upaya  dan tekad UPTD. Pembibitan dan Inseminasi Buatan Api-Api tersebut, maka langkah awal yang perlu diperhatikan adalah pembenahan pada Pelaksanaan Sistem Manajemen yang mengacu pada Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008.

UPTD. Pembibitan dan Inseminasi Buatan berlokasi di Desa Api-Api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara, didirikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Nomor 03 Tahun 2001 Tanggal 24 April 2001.

Visi :

"Mendukung Program Ketahanan Pangan Melalui Peningkatan Muutu Genetik dan Produksi Ternak"

Misi :

"Menyediakan Semen Beku, Ternak Bibit dan Pakan Ternak Berkualitas"

Moto :

"Bibit Berkualitas, Ternak Meningkat dan Peternak Sejahtera"

Tujuan dan Sasaran :

  1. Menyediakan bibit ternak dan hijauan pakan ternak bermutu secara kontinyu untuk memenuhi kebutuhan bibit ternak di Kalimantan Timur.
  2. Menyediakan semen cair/beku secara cepat, tepat waktu dan jumlah sesuai kebutuhan.
  3. Meningkatkan kemampuan daerah dan mengurangi ketergantungan ternak potong atau ternak bibit dari luar Kalimantan Timur.
  4. Pengembangan agrowisata sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata di Kalimantan Timur.
  5. Sebagai Pusat Kajian Teknologi Peternakan , Tempat Pelatihan, Magang, Penelitian dan Sekolah Lapang Bagi Peternak / Kelompok Tani Ternak dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang pembibitan ternak, hijauan pakan ternak (HPT) dan  Inseminasi Buatan (IB).
  6. Sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb