Menu

245 Hewan Telah Divaksin Rabies Dalam Rangka World Zoonosis Day

 07 Juli 2023
 Fauzan
 Berita
 176
245 Hewan Telah Divaksin Rabies Dalam Rangka World Zoonosis Day

Dalam rangka memperingati World Zoonosis Day, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan vaksinasi rabies gratis selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 4 hingga 6 Juli 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Klinik Hewan Samarinda, yang berlokasi di Kantor DPKH Kaltim, Jl. Bhayangkara No. 54 Samarinda. Inisiatif ini mendapatkan respon yang sangat positif dari pecinta hewan kesayangan di Samarinda yang sangat peduli dengan kesehatan hewan peliharaan mereka, terutama dalam upaya pencegahan terhadap virus rabies yang sedang menjadi perhatian kesehatan masyarakat saat ini.

Dalam kegiatan vaksinasi ini, terdapat sebanyak 513 ekor hewan yang didaftarkan oleh pemilik hewan peliharaan di Samarinda. Dari jumlah tersebut, sebanyak 245 ekor hewan berhasil berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis ini. Hewan-hewan tersebut terdiri dari 201 ekor kucing dan 44 ekor anjing. Para pemilik hewan sangat antusias untuk membawa hewan peliharaan mereka dan memastikan bahwa mereka mendapatkan perlindungan dari penyakit rabies yang dapat berbahaya bagi manusia dan hewan itu sendiri.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies gratis ini, diharapkan jumlah hewan yang terlindungi dari penyakit rabies di Samarinda dapat meningkat secara signifikan. Hal ini akan berdampak positif dalam mencegah penyebaran penyakit rabies ke manusia serta mengurangi risiko terhadap kesehatan hewan peliharaan yang sangat dihargai oleh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Fitriani Indah, menyatakan, "Kami sangat senang melihat respon positif dari masyarakat Samarinda dalam kegiatan vaksinasi rabies gratis ini. Rabies merupakan masalah serius yang perlu ditangani dengan serius pula. Dengan vaksinasi ini, kami berharap dapat mengurangi risiko penyebaran virus rabies dan melindungi warga Samarinda serta hewan kesayangan mereka."

Selain kegiatan vaksinasi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya vaksinasi rabies dan langkah-langkah pencegahan lainnya kepada pemilik hewan peliharaan. Masyarakat diajak untuk tidak mengabaikan pentingnya perawatan kesehatan hewan peliharaan mereka, termasuk vaksinasi secara berkala.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya vaksinasi rabies akan semakin meningkat di kalangan masyarakat Samarinda. Upaya kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan dan mencegah penyebaran penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia.

diposting oleh

...

Admin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

GPR

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam mengolah peternakan yang ada di kalimantan timur untuk mengciptakan lahan ternak yang lebih luas agar dapat memenuhi target kebutuhan daging tiap tahunnya.

Pengunjung

  • Online
  • Hari ini
  • Bulan ini
  • Tahun ini
  • Tahun lalu
  • 5
  • 0
  • 35984
  • 361548
  • 428131