Forum Konsultasi Publik DPKH Tahun 2025 Dorong Pelayanan Publik Yang Lebih Baik & Transparan
Forum Konsultasi Publik DPKH Tahun 2025 Dorong Pelayanan Publik Yang Lebih Baik & Transparan
Forum Konsultasi Publik 2025 Dorong Pelayanan Publik yang Lebih Baik dan Transparan.
Samarinda, 11 November 2025 — Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2025 dengan tema “Bersinergi Mewujudkan Pelayanan yang Lebih Baik” digelar di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur, secara daring dan luring.
Kegiatan yang dibuka oleh Kepala DPKH Kaltim, Fahmi Himawan, ST, MT ini menjadi wadah dialog antara penyelenggara layanan publik dan masyarakat untuk membahas rancangan, penerapan, hingga evaluasi kebijakan pelayanan publik untuk meningkatkan transparansi dan efektivitas penyelenggaraan layanan.
FKP ini merupakan tindak lanjut dari proses evaluasi dan pembahasan masukan terhadap Rancangan Standar Pelayanan (SP) di lingkungan DPKH Kaltim. Dalam tiga tahun terakhir, DPKH Kaltim nencatat Indeks Kepuasan Masyarakat yang positif, ini menjadi indikator dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan secara berkelanjutan.
“Rekomendasi dari FKP ini akan dijadikan dasar penyempurnaan dan penetapan Standar Pelayanan agar pelayanan publik semakin berkualitas, adil, transparan, dan akuntabel.” Ucap Fahmi Himawan.
Ketua Panitia, Sukamto Dwi Cahyono, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sekitar 109 peserta yang terdiri dari kepala perangkat daerah Pemprov Kaltim, Dinas kabupaten/kota yang menangani urusan peternakan dan kesehatan hewan, akademisi, asosiasi, media massa, pelaku usaha dan pengguna layanan DPKH.
Dipandu oleh moderator Fadlis S., S.Sos., M.Si., masing-masing bidang memaparkan rancangan standar pelayanan yang mencakup: Bidang Kesehatan Hewan, Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner, Bidang Kawasan dan Agribisnis Peternakan, Bidang Perbibitan, Pakan dan Produksi Peternakan, UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesmavet, serta UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak (PTHPT).
Melalui forum ini, diharapkan DPKH Kaltim dapat berkontribusi dalam mewujudkan pelayanan publik yang semakin berkualitas dan berpihak pada kebutuhan masyarakat Kalimantan Timur.