International Cat Show Balikpapan

23 November 2022 Muhammad Al-ikqrham Berita 31
International Cat Show Balikpapan

Balikpapan - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur Fahmi Himawan, S. T.,M. T, membuka secara langsung International Cat Show Balikpapan 2022 di Atrium Utama Plaza Balikpapan (19/11/22). Kegiatan turut dihadiri oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Kaltim II dan Ketua Indonesian Cat Assosiation Cabang Balikpapan.

Kepala DPKH Kaltim mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini yang dihadiri oleh peserta tidak hanya dari wilayah Balikpapan tetapi jg dari luar Kaltim yaitu Surabaya, Banjarmasin, Lampung, Jogja, Makassar, Jakarta, Madiun, Solo, Tangerang dan Semarang.


Disatu sisi bahwa pembangunan peternakan dan kesehatan hewan tidak hanya mendorong untuk berkembangnya komoditi ternak (sapi, kerbau, kambing, domba serta unggas), akan tetapi juga memegang peranan penting dalam pengelolaan hewan kesayangan. Salah satu bentuk komitmen dari pemerintah diantaranya yaitu adanya klinik hewan milik pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan hewan khususnya untuk hewan kesayangan, serta memberikan support terhadap tumbuh kembangnya klinik hewan swasta/praktek Dokter Hewan swasta serta tentunya bersinergi dan kolaborasi dengan Organisasi Profesi yaitu Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Kalimantan Timur dan Komunitas Hewan Kesayangan diantaranya Indonesian Cat Assosiation (ICA) yang berada di beberapa Cabang termasuk di Balikpapan.


Pemerintah mendukung keberadaan komunitas pecinta hewan kesayangan termasuk komunitas pecinta kucing. Eksistensi komunitas pecinta kucing diharapkan selain menjadi ajang silahturahmi antara sesama pencinta kucing di Kota Balikpapan dan menjadi sarana saling berbagi berbagai informasi terkait bagaimana cara merawat kucing dengan benar.
Komunitas hewan kesayangan sangat membantu pemerintah dalam pencegahan penyakit hewan menular strategis diantaranya yaitu penyakit Rabies dengan melakukan bhakti sosial berupa vaksinasi rabies gratis, kontrol populasi hewan penular rabies melalui kastrasi serta berperan juga dalam terwujudnya kesejahteraan hewan.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz