KOMITMEN MENJAGA KALTIM BEBAS PMK

14 Juli 2022 Muhammad Al-ikqrham Berita 139
KOMITMEN MENJAGA KALTIM BEBAS PMK

Samarinda – Merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia telah menyerang 22 Provinsi. Khusus di Pulau Kalimantan 3 Provinsi telah terjangkit PMK yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Meskipun Kalimantan Timur sampai saat ini masih berstatus bebas PMK, tidak membuat lengah semua pihak untuk tetap mewaspadai masuknya wabah ini. Sehubungan dengan hal tersebut Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kesiapsiagaan dan Penanggulangan PMK bertempat di Aula Brahman Cross Kantor DPKH Kaltim (13/7/22). Rapat diselenggarakan secara offline dipimpin secara langsung oleh Kepala DPKH Kaltim Munawwar, S.T.,M.Si dengan dihadiri oleh Direktur Binmas Polda Kaltim, Kodim Balikpapan, Korem Aji Suryanatakesuma, BPBD Provinsi Kaltim, Satpol PP Provinsi Kaltim, Diskominfo Kaltim, Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda serta Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Kaltim.


Adapun rapat koordinasi tersebut membahas mengenai upaya pencegahan PMK dan rencana aksi dari Gugus Tugas serta koordinasi mengenai lalu lintas hewan rentan PMK di Kalimantan timur yang mengacu pada Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Nomor 3 Tahun 2022 Tanggal 3 Juli 2022 Tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku Berbasis Kewilayahan serta Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Nomor 3 Tahun 2022 Tanggal 9 Juli 2022 Tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku Berbasis Kewilayahan.


Serta menambahkan unsur terkait dalam Gugus Tugas Kesiapsiagaan dan Penanggulangan PMK di Kalimantan Timur yaitu Ketua Pelaksana : Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Wakil Ketua Pelaksana : Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan Komandan Komado Resort Militer 091/Aji Surya Natakesuma, Ketua Bidang Ekonomi : Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Anggota Bidang Ekonomi : Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz