Menu

Rakor Kesehatan Masyarakat Veteriner Dan Bimtek Kasira

 06 Agustus 2024
 Fauzan
 Berita
 544
Rakor Kesehatan Masyarakat Veteriner Dan Bimtek Kasira

Balikpapan, 6 Agustus 2024 - DPKH menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dengan peserta yang terdiri dari perangkat daerah yang menangani fungsi Kesmavet se-Kaltim, Bappeda Provinsi/Kota, dan UPTD Rumah Potong Hewan (RPH).

Berlangsung di Hotel Jatra Kota Balikpapan, acara dibuka secara resmi oleh Direktur Kesmavet Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan RI, dr. drh. Nuryani Zainuddin, M.Si. didampingi oleh Kepala DPKH, Fahmi Himawan S,T., M.T. dan Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Balikpapan, Ir. Sri Wahyuningsih, M.A.P.

“Kesmavet adalah segala urusan yang terkait dengan hewan dan produk hewan yang secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi kesehatan manusia, bahkan WHO menyatakan bahwa kesmavet merupakan komponen dari kesehatan masyarakat. Rakor sangat penting untuk memahami peran kesmavet, mengingat kontribusi Bapak/Ibu pegawai kesmavet sangat besar, terutama berkaitan dengan jaminan keamanan pangan yg bersumber dari hewan.” ucap Nuryani dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini turut berlangsung Bimtek Kader Siaga Rabies (Kasira) yang diikuti oleh 25 orang Kasira dari 2 kecamatan dan 5 kelurahan di Kota Balikpapan diantaranya Balikpapan Selatan (Sepinggan Raya, Gunung Bahagia, Sungai Nangka, Damai Bahagia) dan Balikpapan Barat (Barat Ilir)

Fahmi mengatakan “Jika berjalan dengan baik, Kasira Balikpapan ini merupakan lembaga Kasira kedua yang dibentuk di Kalimantan Timur, setelah Kasira sebelumnya dibentuk dari inisiasi pemerintah pusat yaitu di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau. Diharapkan akan semakin memperkuat kesehatan hewan di Kaltim khususnya wilayah yang mengalami kasus gigitan hewan rabies.”

Berbagai materi dipaparkan diantaranya Kebijakan Kesmavet Nasional, Arah Kebijakan DPKH dalam Peningkatan Pelayanan Kesmavet di Kalimantan Timur Tahun 2024-2025, Peran Pemerintah Daerah dalam Penguatan Rumah Potong Hewan (RPH) dalam mendukung Ibukota Negara Nusantara (IKN), Revitalisasi Pengelolaan Rumah  Potong Hewan (RPH) dalam Penjaminan Keamanan Produk Hewan, Model Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Partisipatif Masyarakat (Kasira), Mapping Hasil Surveilans Keamanan Produk Hewan di Kalimantan Timur, serta Merancang Besaran Sampel Produk Hewan dalam Pengawasan Keamanan Produk Hewan.

diposting oleh

...

Admin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

GPR

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam mengolah peternakan yang ada di kalimantan timur untuk mengciptakan lahan ternak yang lebih luas agar dapat memenuhi target kebutuhan daging tiap tahunnya.

Pengunjung

  • Online
  • Hari ini
  • Bulan ini
  • Tahun ini
  • Tahun lalu
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0
  • 0