Menu

Gubernur Kaltim Hadiri Acara Vaksinasi Rabies dan Edukasi Penyakit Rabies pada Event KALTIM EXPO 2023

 21 Agustus 2023
 Fauzan
 Berita
 53
Gubernur Kaltim Hadiri Acara Vaksinasi Rabies dan Edukasi Penyakit Rabies pada Event KALTIM EXPO 2023

Samarinda – Dalam rangka memeriahkan acara Kaltim Expo 2023 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke – 78, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur turut serta melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah kegiatan vaksinasi rabies dan edukasi penyakit rabies. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023 yang berlokasi di Samarinda Convention Hall.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Timur (Bapak Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si ) turut serta melakukan Vaksinasi Rabies terhadap HPR secara simbolis. Beliau sangat antusias dan mendukung kegiatan tersebut.

Pemerintah sangat mendukung kegiatan pencegahan penyakit rabies di Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan bahwa selama kurun waktu 5 (lima) tahun masa kepemimpinan Bapak Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si selaku Gubernur Kalimantan Timur dan Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si selaku wakil Gubernur Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur telah mengalokasikan dana untuk pengadaan vaksin rabies sebanyak 92.850 dosis yang disebarkan ke 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui DPKH Prov. Kaltim telah berkomitmen untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit rabies serta mendukung program nasional Indonesia Bebas Rabies 2030.

Penyakit Rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bersifat zoonosis. Oleh karena itu langkah-langkah pencegahan seperti vaksinasi rabies sangat penting dilakukan untuk menjaga Kesehatan dan keselamatan Masyarakat.

Pada kegiatan vaksinasi rabies tersebut, sebanyak 142 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) telah berhasil divaksinasi. Kegiatan ini dirasa cukup efektif dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit rabies di Kalimantan Timur.

Selain kegiatan vaksinasi rabies, juga dilakukan edukasi penyakit rabies kepada pemilik HPR. Edukasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya penyakit rabies, perlu adanya kewaspadaan terhadap penyakit rabies serta pentingnya melakukan vaksinasi rabies pada HPR (Hewan Penular Rabies) seperti kucing, anjing dan kera.

Diharapkan dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies dan edukasi rabies tersebut, maka masyarakat semakin sadar akan pentingnya vaksinasi rabies bagi hewan peliharaannya serta keamanan dan keselamatannya.

diposting oleh

...

Admin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

GPR

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam mengolah peternakan yang ada di kalimantan timur untuk mengciptakan lahan ternak yang lebih luas agar dapat memenuhi target kebutuhan daging tiap tahunnya.

Pengunjung

  • Online
  • Hari ini
  • Bulan ini
  • Tahun ini
  • Tahun lalu
  • 13
  • 0
  • 35994
  • 361558
  • 428131