Koordinasi Perbibitan Dan Budidaya Ternak Tahun 2022

31 Mei 2022 Muhammad Al-ikqrham Berita 600
Koordinasi Perbibitan Dan Budidaya Ternak Tahun 2022 Koordinasi Perbibitan Dan Budidaya Ternak Tahun 2022

Koordinasi Perbibitan Dan Budidaya Ternak Tahun 2022

 


Balikpapan – Pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Reproduksi dalam rangka Peningkatan Produksi Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) tahun 2022 dengan target pelayanan kepada akseptor sapi/kerbau sebanyak 6000 ekor, pelayanan dosis IB sebanyak 6.901 dosis, kebuntingan 3.905 ekor dan kelahiran 3.788 ekor. Salah satu kunci keberhasilan dari pelaksanaan SIKOMANDAN adalah pada peningkatan kelahiran yang dimulai dari identifikasi akseptor, pelayanan IB-PKB sampai dengan kelahiran serta dukungan sarana dan prasara dan SDM yang memadai.

 

Dari realisasi saat ini, masih perlu ditingkatkan untuk capaian target masing-masing kegiatan, sehingga dilaksanakan Pertemuan Koordinasi Perbibitan dan Budidaya Ternak. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar, S.T.,M.Si ( 30/05/22).

Sebagaimana yang menjadi tujuan kegiatan Perbibitan dan Budidaya Peternakan berupa peningkatan populasi dan kelahiran ternak 20,5%, meningkatkan produksi dan produktivitas melalui kegiatan optimalisasi reproduksi, memperpendek calvin interval (17 bulan), meningkatkan kapasitas kelembagaan kelompok dan meciptakan peternakan yang ramah lingkungan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, banyak hal yang perlu didiskusikan bersama. Terutama terkait dengan bantuan kegiatan baik melalui APBN dan APBD Provinsi yang telah dialokasikan ke kabupaten/kota, untuk disinergikan dan dikoordinasikan bersama sama.
Kegiatan ini juga dalam rangka menyelaraskan pelaksanaan kegiatan perbibitan dan budidaya peternakan serta menyamakan persepsi dalam pelaksanaan kebijakan program pembangunan peternakan dalam mendukung SIKOMANDAN dan Optimalisasi Reproduksi, dan juga mengetahui hambatan dan permasalahan yang terjadi serta mencari solusi dan penyelesaiannya, sehingga kedepannya petugas kabupaten/kota dapat mengoptimalkan capaian target sesuai dengan komitmen yang disepakati bersama.


Bertempat di Hotel Grand Tjokro Balikpapan , pertemuan dihadiri oleh Direktur Pakan Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. (Bpk Drh. Nur Saptahidayat), perwakilan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Ibu Ir. Maria Nunik Sumartini MP), Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Bpk. Agung Suganda, M.Si), Kepala Balai Embrio Transfer (BET) Cipelang Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kemeterian Pertanian atau yang mewakili (Bpk. Radito Dariadjie, S.Pt), Kepala Balai Veteriner (B-Vet) Banjarbaru Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Bpk. Drh. Putut Eko Wibawa), Guru Besar Fakultas Airlangga Bapak Prof. Dr. Budiutomo, drh, M.Si., Akademisi Universitas Mulawarman serta petugas dinas yang membidangi fungsi peternakan di kabupaten/kota atau yang mewakili.


Artikel Terkait
Copyright 2019 © Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim | Supported by BubuhanWeb | Redesigned By: Ramz